Anies Baswedan Menetapkan Graha Wisata Ragunan Siap Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Covid-19

- 2 Oktober 2020, 10:31 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. /Youtube Anies Baswedan

JAKSELNEWS.COM - Graha Wisata Ragunan yang berlokasi di Kelurahan Kebagusan, Jakarta Selatan siap digunakan untuk isolasi mandiri pasien yang terpapar virus Covid-19, hal ini ditetapkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Penunjukan Graha Wisata Ragunan sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 yang dikhususkan kepada orang tanpa gejala. Hal ini terkandung dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 979 tahun 2020 tentang Lokasi Isolasi Terkendali Milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dalam Rangka Penanganan Covid-19. Kepgub tersebut ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 22 September 2020.

Sebelumnya tempat ini sempat digunakan sebagai penginapan para tenaga medis yang menangani kasus Covid-19 di wilayah rumah sakit Jakarta Selatan pada bulan April 2020 lalu.

Dilansir oleh Jakselnews dikutip dari Antara News, menurut Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pengelola Anjungan dan Graha Wisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Ranty Ariany saat dikonfirmasi Jumat 2 Oktober 2020, pada April 2020 lalu pengelola Graha Wisata Ragunan pernah melayani sebanyak 75 orang tenaga medis.

Graha Wisata Ragunan difasilitasi oleh Pemprov DKI Jakarta selama menjadi tempat penginapan untuk para tenaga medis. Hal ini dilakukan karena pada awal virus Covid-19 masuk banyak kekhawatiran yang muncul terhadap para keluarga dari tenaga medis yang menangani kasus Covid-19.

Selain menjadi tempat penginapan untuk para tenaga medis, Graha Wisata Ragunan juga sempat menjadi tempat untuk isolasi mandiri bagi tenaga kerja asal Indonesia yang baru pulang dari Jepang. Mereka membutuhkan waktu untuk karantina selama empat hari di Graha Wisata Ragunan.

Lebih lanjut, Graha Wisata Ragunan memiliki 83 kamar yang dapat menampung 298 orang yang terdiri dari kamar dengan dua tempat tidur dan enam tempat tidur. Namun kamar yang digunakan untuk isolasi mandiri Covid-19 hanya sebanyak 76 unit dengan fasilitas 152 orang.

“Satu kamar bisa terdiri dari dua hingga tiga orang kalau pasien isolasi mandiri terdiri dari satu keluarga dan datangnya berbarengan,” ungkap Ranty.

Selain itu Graha Wisata Ragunan juga memiliki kamar dengan fasilitas yang sekelas dengan penginapan kelas melati yakni terdiri dari pendingin ruangan, WiFi dengan kecepatan 50 mbps, kamar mandi di dalam, dan televisi. 

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x