Meski Banjir di Sejumlah Wilayah Jaksel Sudah Surut, Pastikan Anda Tetap Siaga Selama Musim Hujan

- 9 November 2020, 11:04 WIB
ILUSTRAS// Banjir
ILUSTRAS// Banjir /ANTARA/Jaya Kusuma//

JAKSELNEWS.COM - Dilanda hujan lebat pada Minggu, 8 November 2020, sejumlah jalan dan RT di wilayah Jakarta Selatan digenangi air. Namun, berkat bantuan PPSU, genangan air dapat cepat ditangani dan surut total dalam waktu kurang dari satu jam. 

Genangan air sempat menggenangi RT 01 dan 02 RW 04, Kelurahan Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan sejak pukul 13.00 WIB. Selain itu, air setinggi 10-25 sentimeter juga sempat menggenangi RT 07 dan 08 RW 09, Kelurahan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan sekitar pukul 11.40 WIB. Genangan pada dua RT ini diakibatkan luapan air dari Kali Serua dan PHB Samali. 

Dilansir Jakselnes dari beritajakarta.id, genangan akibat luapan air dari Kali Suara dan Kali Pulo melanda Jalan Wahid, Kelurahan Jati Padang, Jalan Jati Padang Baru, serta RT 06 dan RT 13 RW 06. Air setinggi 10 sentimeter sempat menggenangi Jalan Wahid. Sedangkan genangan di Jalan Jati Padang Baru, RT 06 dan RT 13 RW 06 setinggi 20 - 70 sentimeter. Namun, berkat bantuan PPSU, genangan surut total setelah ketinggian air di Kali Sarua dan Kali Pulo turun. Sementara itu, genangan setinggi 21 sentimeter yang sempat terjadi di Jalan Kemang X, RT 03/02, Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan juga sudah surut total pada Minggu sore. 

Lantas, di tengah musim hujan yang berisiko mengakibatkan banjir, apa saja upaya antisipasi dan persiapan yang perlu Anda lakukan di rumah? Anda perlu menyiapkan satu tas siaga yang mudah dibawa jika Anda menghadapi situasi bencana yang mengharuskan Anda meninggalkan rumah. Tas ini berisi senter dengan ekstra baterai, obat-obatan yang mungkin Anda butuhkan, powerbank, peluit, masker, perlengkapan mandi, makanan ringan tahan lama, serta baju secukupnya. Selain itu, pastikan Anda menyimpan dokumen berharga atau surat-surat penting Anda dalam satu tas yang berada di tempat yang lebih tinggi.

Anda juga perlu mempelajari cara-cara evakuasi diri jika seandainya banjir yang melanda daerah tempat tinggal Anda mengharuskan Anda untuk mengungsi, misalnya bagaimana cara berjalan di air dengan aman, tidak mengemudikan kendaraan bermotor untuk mengungsi, serta selalu waspada jika harus berjalan melewati genangan air yang tinggi.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Beritajakarta.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x