BPOM Pastikan Kawal Keamanan dan Mutu Vaksin Covid-19 Sebelum dan Selama Peredaran

- 5 Januari 2021, 13:36 WIB
Vaksin Covid-19 produksi Sinovac masih menunggu persetujuan dari BPOM meski sudah didistribusikan ke 34 provinsi:*
Vaksin Covid-19 produksi Sinovac masih menunggu persetujuan dari BPOM meski sudah didistribusikan ke 34 provinsi:* /ANTARA/BPMI Setpres/Muchlis Jr/Pri./

JAKSELNEWS.COM – Kepala Badan POM (BPOM) RI, Penny K. Lukito, mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengawal guna memastikan mutu dan keamanan vaksin COVID-19.

Vaksin COVID-19 produksi Sinovac yang rencananya akan mulai disuntikkan kepada masyarakat mulai bulan Januari 2021 ini telah melalui proses pengecekan kesesuaian dokumen serta kesesuaian suhu tempat penyimpanannya.

“Badan POM telah menerbitkan sertifikat Lot Release terhadap 1,2 juta vaksin CoronaVac yang datang pada tanggal 6 Desember 2020. Pengujian dalam rangka Lot Release ini dilakukan di Laboratorium Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional,” jelas Penny K. Lukito dalam keterangan tertulis.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap data hasil uji pre-klinik dan uji klinik fase 1 dan fase 2 untuk menilai keamanan dan respon imun yag dihasilkan dari penggunaan vaksin.

Sementara itu, saat ini BPOM tengah menunggu penyelesaiian analisis data uji klinik fase 3 untuk mengonfirmasi khasiat atau efikasi vaksin tersebut sebelum menerbitkan Persetujuan Penggunaan Darurat.

Untuk menjamin mutu vaksin, BPOM telah melakukan evaluasi terhadap mutu vaksin yang meliputi pengawasan mulai dari bahan baku, proses pembuatan, hingga produk jadi vaksin sesuai dengan standar penilaian mutu vaksin yang berlaku secara internasional.

“Berdasarkan hasil evaluasi mutu yang telah dilakukan, Badan POM dapat memastikan bahwa vaksin ini tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya,” ujar Penny K. Lukito.

Tak hanya sampai di situ, BPOM juga mengawal mutu vaksin sepanjang jalur distribusi, mulai dari industri farmasi, hingga sampai kepada masyarakat.

Lebih lanjut, Kepala BPOM Penny K. Lukito kembali menegaskan kepada masyarakat untuk terus mendukung program penanganan pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh pemerintah dan tetap disiplin menerapkan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun.***

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x