Anies Baswedan: Vaksinasi di DKI Jakarta Sudah Mencapai 105 Persen

- 28 Agustus 2021, 21:58 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. /Instagram/@aniesbaswedan

JAKSELNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa vaksinasi di DKI Jakarta telah mencapai 105 persen.

Terkait hal ini, kemudian Anies membandingkan dengan daerah yang berdekatan dengan Jakarta, yang vaksinasinya masih 15 persen.
 
Hal ini disampaikan oleh Anies Baswedan dalam acara Kongres Nasional II KA KAMMI yang disiarkan secara daring, Sabtu (28 Agustus 2021). 
 
Awalnya Gubernur DKI Jakarta itu berbicara terkait persiapan vaksinasi di Jakarta setahun sebelum dimulai.
 
"Misalnya kami lakukan vaksinasi sekarang, vaksinasi dikerjakan memang di bulan ini, tapi persiapannya itu kita bangun sistemnya sejak tahun lalu. Bangun sistem distribusi, sistem monitoring inventori dari tahun lalu untuk masker, APD, itu disiapkan betul sampai ke puskesmas paling ujung-ujung. Orangnya disiapkan, sistem monitoring disiapkan bertahap. Ketika kemudian ditambahkan dengan tugas vaksinasi, cepat," ujar Anies. Sebagaimana dikutip Jakselnews.com dari Detik
 
 
Ia juga mengatakan ada lebih dari 200 ribu orang yang disuntik vaksin Covid-19 di Jakarta per hari. 
 
Kemudian, Anies menyebut target vaksinasi di Jakarta sudah terlampaui atau 105 persen. Namun, ia tidak menjelaskan detail apakah itu vaksinasi pertama atau vaksinasi lengkap dua dosis.
 
"Di Jakarta ini tiap hari ini bisa memvaksin lebih 200 ribu orang per hari. Kenapa bisa? Kita punya 300 puskesmas lebih dan 300 puskesmas lebih itu pemanasan terus dalam setahun dengan sistem distribusi itu. Sehingga sekarang kalau ditanya Jakarta target vaksinasi kita sudah 105 persen tercapai itu terlampaui, sementara tetangga ada yang masih 15, ada yang 20 persen," ujar Anies 
 
Terkait hal ini, Anies mengatakan DKI Jakarta tidak bisa membantu vaksinasi di luar wilayahnya. Namun koordinasi dengan wilayah lain tetap berjalan.
 
"Problemnya adalah kami nggak boleh masuk yang bukan wilayah DKI dan tapi kita koordinasi dan lain dikerjakan. Malah justru menurut kami ini tantangan penting untuk membuat sebuah kerja struktural agar di sebuah kawasan ada mekanisme bekerja bersama," tambahnya.***
 

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x