Indonesia Temukan Obat Covid-19 yang Diklaim Jadi yang Pertama di Dunia

- 18 Agustus 2020, 21:30 WIB
Ilustrasi Vaksin Corona.*
Ilustrasi Vaksin Corona.* /

JAKSELNEWS.COM - Pandemi Covid-19 yang belum berakhir mendorong berbagai peneliti dan ilmuwan melakukan penelitian dan eksperimen untuk menemukan vaksin maupun obat Covid-19. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang berusaha menemukan dan mengembangkan obat Covid-19. 

Sejak Covid-19 dinyatakan masuk ke wilayah Indonesia, berbagai penelitian telah dilakukan. Kali ini, kabar baik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, seperti dilansir Jakselnews dari artikel portaljember.pikiran-rakyat berjudul Kabar Baik: Unair Surabaya Temukan Obat Covid-19 Masuk Uji Tahap III, Diklaim Jadi Pertama di Dunia

Unair tampaknya sudah memasuki uji coba tahap III obat penawar Covid-19 yang dihasilkan dari tiga jenis obat, yaitu Lopinavir/Ritonavir dan Azithromycin, Lopinavir/Ritonavir dan Doxycycline, serta Hydrochloroquine dan Azithromyci. Dalam penelitian ini, Unair yang bekerja sama  TNI Angkatan Darat (AD), Badan Inteligen Negara (BIN), dan Polri mengungkapkan jika obat ini hampir dipastikan menjadi yang pertama di dunia untuk mengatasi Covid-19. 

Hal ini disampaikan Rektor Unair, Prof Mohammad Nasih saat menyerahkan hasil uji klinis fase 3 di Mabes AD, Jakarta pada Sabtu lalu. Lebih lanjut, Prof. Nasih juga menyatakan jika kombinasi dari ketiga senyawa dari dalam obat ini menunjukkan adanya peningkatan efektivitas obat hingga lebih dari 90 persen. Sementara dosisnya menjadi lebih rendah dibanding apabila obat diberikan secara tunggal. 

“Setelah kami kombinasikan daya penyembuhannya meningkat dengan sangat tajam dan baik. Untuk kombinasi tertentu itu sampai 98 persen efektivitasnya,” ujar Prof. Nasih.   

Meskipun merupakan hasil kombinasi berbagai obat, hasil temuan Unair ini tetap membutuhkan ijin BPOM sebelum dapat beredar secara resmi ke publik.***



Editor: Husain F.P

Sumber: Portal Jember


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x