Ada Potensi Mega Tsunami, BMKG Mengungkap Infrastruktur Belum Siap Untuk Menghadapinya

- 25 September 2020, 14:56 WIB
Ilustrasi Tsunami yang mempunyai potensi akan melanda Pulau Selatan Jawa.
Ilustrasi Tsunami yang mempunyai potensi akan melanda Pulau Selatan Jawa. /Pixabay/darksouls1

JAKSELNEWS.COM - Untuk saat ini infrastruktur penangulangan bencana gempa dan tsunami belum ideal untuk menghadapi potensi gempa besar dan mega tsunami. 

Padahal, dari hasil riset Institut Teknologi Bandung (ITB), ada potensi bahwa tsunami setinggi 20 meter akan melanda pada daerah selatan Pulau Jawa.

Kepala Pusat Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat 25 September 2020, mengatakan bahwa di selatan Jawa shelter evakuasi masih sangat kurang.

"Mestinya ini juga harus disiapkan. Rambu-rambu arah evakuasi juga harus disiapkan," jelasnya, sebagaimana dikutip Jakselnews.com dari artikel Galamedia.Pikiran-Rakyat.com berjudul Horor Mega Tsunami, BMKG: Infrastruktur Belum Ideal Menghadapinya.

Tidak hanya di selatan Jawa, Rahmat bahkan menjelaskan bahwa hampir di seluruh wilayah Indonesia sebenarnya rawan akan bencana gempa dan tsunami. 

Untuk itu, dengan BMKG telah memasang warning receiver system, tugas lembaga lain pun juga harus siap memberikan peringatan dini dan informasi kepada masyarakat.

"Perangkat informasi dan peringatan dini sudah kita pasang ke seluruh BPBD daerah rawan tsunami, tinggal bagaimana cepat memberikan informasi dan peringatan dini nya," katanya.

Seperti yang diketahui baru-baru ini, hasil riset dari Institut Teknologi Bandung (ITB) mengungkap adanya potensi tsunami setinggi 20 meter di selatan Pulau Jawa.

Hal itu bisa terjadi akibat pecahnya segmen-segmen megathrust jalur sepi gempa (seismic gap) di Samudera Indonesia secara bersamaan.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x