Dipenuhi Perkantoran hingga Hunian Mewah, Intip Alasan Jaksel Menjadi Kawasan Elit

- 25 September 2020, 14:14 WIB
Sudirman Central Business District, Jakarta Selatan
Sudirman Central Business District, Jakarta Selatan /Investor Daily

JAKSELNEWS.COM - Jakarta Selatan merupakan kota administrasi DKI Jakarta dengan luas 141,37 kilometer persegi dan meliputi 21,95 persen dari total luas wilayah DKI Jakarta. Berdasarkan data statistik, terdapat 2.264 ribu penduduk di kota Jakarta Selatan pada tahun 2019 dengan jumlah angkatan kerja 1.095.335. Jakarta Selatan sering disebut-sebut sebagai kota administrasi Jakarta kelas atas. Lalu, sebenarnya apa yang membuat kota Jakarta Selatan dikenal sebagai kawasan elit?

Jakarta Selatan menjadi kawasan strategis selanjutnya di Jakarta setelah Jakarta Pusat. Alasannya, karena empat dari lima area pusat bisnis (Central Business District / CBD) Jakarta berada di Jakarta Selatan, yaitu Sudirman, Senayan, Mega Kuningan, dan Rasuna Epicentrum. Suku Dinas Tenaga Kerja Kota Administrasi Jakarta Selatan mencatat terdapat 26.527 perusahaan di wilayah Jakarta Selatan berdasarkan data Wajib Lapor. Selain banyak dipenuhi gedung perkantoran, kawasan ini juga dipenuhi dengan hiburan dan pusat perbelanjaan dengan harga yang cukup mahal. 

Tiga titik yang membentuk segitiga emas Jakarta yaitu Patung Pemuda di Kebayoran Baru (Jakarta Selatan), Arjuna di Lapangan Merdeka (Jakarta Pusat), serta Patung Dirgantara di Pancoran (Jakarta Selatan). Kawasan ini juga disebut sebagai segitiga emas Jakarta karena banyaknya objek wisata, penduduk, serta bangunan bergengsi. Jakarta Selatan juga dikembangkan sebagai smart city yang mencerminkan pembangunan fasilitas yang ramah dan mudah untuk dinikmati masyarakat. 

Karena pembangunan dan fasilitas yang mudah dijangkau, Jakarta Selatan menjadi daerah dengan nilai jual tinggi. Dua kawasan hunian yang paling dicari dan dikenal sebagai perumahan kelas atas pun terdapat di Jakarta Selatan, yaitu Kebayoran Baru dan Pondok Indah. Pembangunan di kota Jakarta Selatan mengandalkan apartemen karena lahan yang tidak terlalu luas, harga lahan yang cukup mahal, serta Koefisien Dasar Bangunan (KDB) yang lebih rendah dibanding daerah lain. Apartemen mewah seperti Taman Rasuna, District 8, dan 1 Park Avenue dengan harga sewa 9,5 juta-40 juta/bulan juga berdiri megah di kawasan Jakarta Selatan. 

Nah, sebagai warga Jakarta atau warga pendatang dari daerah lain apakah Anda dapat merasakan mewahnya kawasan Jakarta Selatan? Atau jika Anda merupakan warga Jakarta Selatan, setujukah Anda jika Jakarta Selatan dijuluki kawasan elit di Ibukota?***

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x