Wajib Diketahui! Berikut 4 Fakta Terkait Makna dan Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

- 1 Oktober 2020, 15:50 WIB
Hari Kesaktian Pancasila.
Hari Kesaktian Pancasila. /

JAKSELNEWS.COM - Tahun ke tahun, 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Nah, sebenarnya mengapa hari tersebut disebut Hari Kesaktian Pancasila? 

Dilansir Jakselnews.com dari artikel Galamedia.Pikiran-Rakyat.com berjudul Hari Ini 1 Oktober, Hari Kesaktian Pancasila, Ketahui Ini Ragam Makna dari Kesaktian Pancasila, berikut 4 fakta mengenai hari istimewa ini.

Sejarah Singkat Hari Pancasila

Seperti diketahui bersama, pada 30 September 1965, terjadi sebuah peristiwa Gerakan 30 September (G30S). 

Peristiwa tersebut masih menjadi perdebatan hingga kini mengenai siapa pendorongnya dan apa sebab yang melatar belakanginya.

Namun, pihak militer dan kelompok keagamaan terbesar pada saat itu menyebarkan kabar jika peristiwa tersebut adalah upaya PKI untuk mengubah pokok Pancasila menjadi ideologi Komunis.

Pada hari itu terjadi, enam orang jenderal dan satu orang kapten dengan beberapa orang lainnya dibunuh oleh pihak-pihak yang dianggap pemerintah sebagai upaya perebutan kekuasaan.

Gerakan yang disebabkan G30S sendiri pada akhirnya berhasil disudahi oleh pihak militer Indonesia. 

Setelah kejadian itu, pemerintahan orde baru menetapkan tanggal 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September (G30S) dan 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x