Corona Belum Usai, Kini Tiongkok Sudah Diserang Norovirus, Berikut Gejalanya

- 13 Oktober 2020, 17:01 WIB
Tampilan Norovirus yang menyerang puluhan warga Tiongkok Utara.
Tampilan Norovirus yang menyerang puluhan warga Tiongkok Utara. /Food Safety Magazine

JAKSELNEWS.COM - Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum reda, masyarakat Tiongkok kembali diramaikan dengan penularan norovirus kepada sejumlah mahasiswa.

Apa itu norovirus? Dikutip dari PikiranRakyat-Indramayu.com melansir CDC dalam artikel Belum Usai Virus Corona, Tiongkok Diserang Norovirus dan Akibatkan Sejumlah Mahasiswa Tumbang norovirus adalah virus yang sangat menular dan dapat mengakibatkan muntah serta diare. 

Virus ini pertama kali ditemukan mewabah di Kota Norwalk, Amerika Serikat pada tahun 1972.

Orang yang terjangkit virus ini dapat mengeluarkan miliran partikel norovirus. Meskipun hanya sedikit dari partikel tersebut yang dapat menular. Penyebaran norovirus ini dapat melalui makanan dan minuman.

Virus ini juga dapat menular dengan menyentuhkan permukan atau benda yang terkontaminasi Norovirus, memasukkan jari ke dalam mulut juga bisa penularan Norovirus, serta melakukan kontak langsung dengan orang lain.

Gejala lebih lanjut dari norovirus adalah diare, muntah, mual, sakit perut, demam, sakit kepala, dan pegal-pegal.

Dalam 12 sampai 48 jam orang yang terkena norovirus akan mengalami gejala-gejala tersebut, lalu membaik dalam 1 hingga hari kemudian.

Kondisi muntah atau diare berkali-kali dalam sehari serta perasaan sangat sakit akan dialami jika Anda terjangkit virus ini. Selain itu, norovirus juga rentan menyebabkan dehidrasi pada anak kecil, orang dewasa dan orang dengan penyakit lain.

Virus ini sebetulnya bisa menyerang sepanjang tahun, tetapi sangat sering muncul di musim dingin.***(Aryadi Lukman/PR Indramayu) 

Editor: Husain F.P

Sumber: PR Indramayu


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x