Bukan Cuman Presiden Jokowi Loh! Berikut 5 Tokoh Indonesia yang Jadi Nama Jalan di Luar Negeri

- 21 Oktober 2020, 15:54 WIB
Tangkap layar video KBRI Abu Dhabi. Pemerintah Uni Emirat Arab (UAE) telah meresmikan nama Jalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Abu Dhabi.
Tangkap layar video KBRI Abu Dhabi. Pemerintah Uni Emirat Arab (UAE) telah meresmikan nama Jalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Abu Dhabi. /Twiter.com/KBRI Abu Dhabi

JAKSELNEWS.COM - Pemerintahan Uni Emirat Arab (UAE) telah meresmikan Jalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di wilayah Abu Dhabi tersebut pada Senin 19 Oktober 2020.

Rupanya, selain Presiden Jokowi, ada 5 nama tokoh Indonesia lainnya yang dijadikan nama Jalan. 

Dilansir Jakselnews.com dari artikel Galamedia.Pikiran-Rakyat.com berjudul Bukan Hanya Presiden Jokowi, Ini Tokoh Indonesia yang Jadi Nama Jalan di Luar Negeri, berikut 5 tokoh tersebut:

1. Soekarno dari Mesir sampai benua Afrika

Presiden Soekarno tidak hanya disegani di Indonesia, namun ternyata ia juga dihormati di berbagai negara. Salah satunya negara Maroko yang hingga pada tahun 1960 memberikan penamaan jalan untuk Soekarno di kota Rabat, Ibukota Maroko.

Negara yang terletak di benua afrika tersebut menyematkan nama Soekarno di sebuah rute atau jalan. 

Maroko sangat menghormati Soekarno karena ia pernah menggalang kekuatan negara-negara dunia ketiga dalam Konferensi Asia Afrika 1955 di Bandung, Jawa Barat.

Selanjutnya, tahun 1960, Presiden pertama Indonesia itu berkunjung ke Maroko sebagai bentuk ucapan selamat dari Indonesia atas kemerdekaan negara yang terkenal sebagai destinasi wisata di Afrika ini. Indonesia juga merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Maroko saat itu.

Nama jalan Soekarno pula terletak di Kota Kairo, Ibu Kota Negara Mesir. Presiden pertama Indonesia ini dikenal di Mesir dengan nama Ahmad Soekarno.

Penambahan nama Ahmad sendiri dilakukan oleh para mahasiswa Indonesia di Mesir untuk menarik perhatian masyarakat Mesir bahwa Presiden Indonesia beragama Islam. Alasan Mesir memberikan nama jalan itu dikarenakan Mesir adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada saat itu.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x