Puan Maharani Ungkap Alasan Matikan Mikrofon Saat Sidang Paripurna DPR, Bukan Sengaja

- 12 November 2020, 21:58 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani /Instagram.com/@puanmaharani

JAKSELNEWS.COM - Ketua DPR Puan Maharani menyatakan, kejadian saat dia mematikan mikrofon (mik) ketika sidang pengubahan RUU Cipta Kerja menjadi Undang-Undang itu bukan disengaja, hal tersebut dilakukan untuk menjaga jalannya persidangan supaya berjalan dengan baik dan lancar, 12 November 2020.

Puan Maharani mengatakan bahwa DPR itu punya aturan dan juga punya tata tertib, semua anggota DPR memang mempunyai hak untuk berbicara.

"Kita dan siapa yang akan memimpin itu kesepakatan dari hasil rapat pimpinan," kata Puan di akun Youtube Boy William.

Dia menjelaskan, memang posisi duduk pimpinan sidang itu ketua sidang di tengah, sementara yang lainnya di samping kanan dan kiri.

"Memang posisi duduknya seperti itu, ketua di tengah dan wakil-wakil atau pimpinan yang lain itu di kanan kiri," ujar Puan, sebagaimana dikutip Jakselnews.com dari artikel Cirebon.Pikiran-Rakyat.com berjudul Pertama Kali Puan Maharani Ungkap Alasan, Bukan Disengaja Matikan Mikrofon saat Sidang Paripurna DPR.

Puan mengungkapkan bahwa untuk menjaga jalannya persidangan berjalan dengan baik dan lancar, tentu saja yang memimpin rapat harus bisa mengatur jalannya persidangan dengan baik dan benar. 

Apabila seseorang sudah diberi kesempatan untuk bicara, maka kesempatan akan diberikan pada yang lain, karena setiap orang memiliki haknya untuk mengeluarkan pendapat.

"Jadi kalau satu orang itu sudah diberikan kesempatan bicara, harusnya kemudian tidak mengulang lagi berbicara, tapi memberikan kesempatan kepada yang lain untuk berbicara," kata Puannya.

"Kalau di floor (peserta sidang yang duduk di bawah) itu lagi berbicara, di atas itu ga bisa ngomong, karena memang otomatis. Kalau meja satu bunyi dan yang satu juga bunyi, cuma satu yang bisa ngomong, lampunya akan kedip-kedip terus, tidak bisa," ia pun menambahkan.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat Cirebon


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x