Warga Twitter Bak Intelijen Negara, Ini Kronologi Penipuan Bermodal ‘Twitter Please Do Your Magic’

- 15 Februari 2021, 16:28 WIB
Kronologi Penipuan Bermodal ‘Twitter Please Do Your Magic’
Kronologi Penipuan Bermodal ‘Twitter Please Do Your Magic’ /Twitter

 

 

JAKSELNEWS.COM - Akun Twitter dengan nama pengguna @grumpysfd membuat utas tentang penipuan yang dialami oleh ibunya pada 14 Februari 2021.. Ia mengaku bahwa sang ibu mendapat pesanan kue dalam jumlah banyak tanpa pembayaran uang muka. Namun setelah kue jadi, si pembeli mendadak membatalkan dan tidak bisa dihubungi. Kemudian, si pemilik akun membuat utas dengan harapan orang-orang akan membeli kue. Ia juga berencana membagikan kue-kue itu kepada orang-orang yang membutuhkan.

Tapi secara tiba-tiba, pengguna Twitter bernama @virawny membuat sebuah utas yang berisi bahwa utas dari @grumpysfd merupakan penipuan. Ia mengunggah bukti percakapan dari si penjual kue yang fotonya diambil tanpa izin oleh @grumpysfd. Selain itu, bukti foto pemberian kue kepada orang yang membutuhkan juga terlihat mencurigakan. Sebab yang diberikan dalam kantong plastik hitam terlihat seperti nasi bungkus bukan kue. Warganet berpikir tidak mungkin memberikan kue basah dalam kantong plastik hitam.

Selanjutnya akun bernama @bunbun menemukan akun telegram bernama egi yang kemungkinan merupakan si @grumpysfd beserta foto profil yang menunjukkan wajahnya. Kemudian pemilik akun bernama @millaaoktaviaa berhasil menemukan akun Twitter dari ‘egi’ yang bernama @arterybb. 

Milla Oktavia pun membuat utas yang membuktikan bahwa pemilik akun @grumpysfd dan @arterybb merupakan orang yang sama. Mahasiswa ilmu hukum di Universitas Jambi bernama Putri Islami Regina Subarja. Melihat hal itu, warganet pun berbondong-bondong mendatangi dua akun Twitter tersebut untuk meminta klarifikasi dikarenakan banyak donasi yang sudah dikirimkan.

Menanggapi banyaknya cuitan yang datang padanya, pemilik akun @arterybb pun buka suara. Ia mengaku sudah tidak memiliki akses ke rekening tersebut karena telah lama kehilangan kartu ATM

“Aku udah ga punya akses ke rekeningku yang itu, sepeser pun ga ada aku ambil uang dari sana. M-BCA ku juga ga bisa diakses, pagi ini aku udah hubungi halo bca supaya rekeningnya diblokir.

Aku sekarang cuma merasa dijebak sama orang yang ga suka sama aku. Informasi pribadiku udah kesebar, seperti foto, alamat, bahkan bawa nama kampusku. Aku juga ga follow akun penipu itu (cuma dia yang follow aku),” pengakuan dari @arterybb.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x