Cegah Provokasi, China Resmi Blokir Aplikasi Clubhouse

- 20 Februari 2021, 08:49 WIB
Aplikasi Clubhouse for android/ App Store
Aplikasi Clubhouse for android/ App Store /

JAKSELNEWS.COM - Aplikasi Clubhouse saat ini tengah digandrungi banyak orang di seluruh dunia. Bahkan tokoh kenamaan seperti Elon Musk dan Mark Zuckerberg pun sering menggunakan aplikasi ini untuk berdiskusi.

Namun keadaan berbeda justru nampak di China. Setelah diketahui aplikasi ini banyak digunakan oleh masyarakat negeri tirai bambu itu untuk mengkritik pemerintah, China resmi membuat larangan.

Itu dilakukan demi mencegah terjadinya diskusi terbuka yang bisa menimbulkan provokasi. Di China sendiri aplikasi ini memang masih sedikit digunakan, karena mengharuskan pengguna menggunakan iPhone versi terbaru untuk mengunduhnya. Selain itu, untuk menggunakannya pun dibutuhkan undangan dari pengguna lain.

Meski penggunanya belum sebanyak di negara-negara lain, China sudah resmi melarang pengoperasian aplikasi Clubhouse ini sejak 8 Februari lalu, mengutip laman Reuters Sabtu (20/2).

Pengamat mengatakan pemerintahan China terlalu takut akan kritik dari bangsa mereka sendiri. Itu juga menunjukkan bahwa penguasa di China merasa terancam oleh diskusi bebas yang ada di Clubhouse.

Seperti yang diketahui, Clubhouse merupakan sebuah aplikasi berbasis audio seperti podcast namun bisa disiarkan secara langsung. Untuk bisa bergabung pada sebuah diskusi, Anda diwajibkan mengunduh aplikasi tersebut di laman AppStore. Itupun jika Anda sudah menerima undangan dari pengguna yang juga menggunakan aplikasi ini.

Meski baru tersedia di iOS, namun pengembang berjanji akan menghadirkan aplikasi ini lewat Android secepatnya. Agar bisa menjangkau lebih banyak pengguna di seluruh dunia. ***

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x