Hati-Hati Clubhouse Palsu untuk Android, Terdapat Virus Berbahaya

- 21 Maret 2021, 19:02 WIB
Clubhouse tingkatkan keamanan setelah ditemukan kerentanan (ANTARA/Arindra Meodia)
Clubhouse tingkatkan keamanan setelah ditemukan kerentanan (ANTARA/Arindra Meodia) /ANTARA/Arindra Meodia

JAKSELNEWS.COM – Peneliti ESET, Luka Stefanko mengumumkan bahwa adanya web berbahaya yang menawarkan Clubhouse untuk Android. Web tersebut bukan toko aplikasi resmi seperti Google Play Store.

Aplikasi yang menyamar sebagai Clubhouse itu memasang malware di ponsel pengguna. Malware ini bernama Blackrock yang dapat memperoleh akses ilegal ke WhatsApp, Facebook, Twitter, Amazon, Netflix, Outlook, eBay, dan aplikasi penting lainnya.

“Ini memikat kredensial dari 458 aplikasi - keuangan, pertukaran mata uang kripto & dompet, sosial, IM, dan aplikasi belanja. Saat ini tidak ada aplikasi Clubhouse resmi untuk Android,” tulis riset ESET di akun Twitter @ESET.

Baca Juga: Saingi Clubhouse, Telegram Siapkan Voice Chat 2.0

Selain itu, hal yang membuat pengguna tertipu adalah tampilan dan nuansa aplikasi obrolan audio khusus undangan yang persis dengan Clubhouse. Penjahat dunia maya itu menyalin deskripsi situs aplikasi iOS Clubhouse asli sehingga tampilan dan UI yang dirancang.

Situs web tersebut akan bertulisan “Dapatkan di Google Play”. Namun, saat klik tulisan tersebut, aplikasi akan langsung terunduh di ponsel tanpa mengalihkan ke Google Play seperti biasa jika hendak mengunduh sebuah aplikasi.

Salah satu cara untuk mengindikasinya yaitu melihat nama domain, web tersebut memiliki domain Mobi, bukan .com

Baca Juga: Mark Zuckerberg Kembali Kritik Apple Di Clubhouse

“Situs web terlihat seperti asli. Sejujurnya, ini adalah salinan dari situs web Clubhouse yang sah. Namun, setelah pengguna klik 'Dapatkan di Google Play, aplikasi akan diunduh secara otomatis ke perangkat pengguna. Sebaliknya, situs web yang sah akan selalu mengarahkan pengguna ke Google Play, daripada langsung mengunduh Android Package Kit atau APK singkatnya, ”kata Stefanko yang dikutip dari laman IndiaToday.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x