Menteri Koperasi dan UKM: Pembayaran Tahapan Homologasi Koperasi Bermasalah Sangat Lambat

- 23 Maret 2022, 09:00 WIB
Menteri Koperasi dan UMKM: Pembayaran Tahapan Homologasi Koperasi Bermasalah Sangat Lambat
Menteri Koperasi dan UMKM: Pembayaran Tahapan Homologasi Koperasi Bermasalah Sangat Lambat /kemenkop UKM

JAKSELNEWS - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan proses pembayaran tahapan homologasi oleh 8 Koperasi Simpan Pinjam yang ditangani Satgas cenderung sangat lambat. 

"Belum bisa mencapai target tahap 1 walaupun proses pembayaran sudah masuk tahap berikutnya. Kenyataan ini tentu memprihatinkan kami sekaligus menjadi pertanyaan besar bagaimana itikad baik dari Pengurus Koperasi untuk mengupayakan proses pembayaran tahapan homologasi itu,” jelasnya.

Teten mengatakan hal tersebut berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Ketua Satgas Penanganan Koperasi Bermasalah.

Selanjutnya Teten juga mengatakan telah berkoordinasi dengan Menteri ATR/BPN Bapak Sofyan Djalil untuk kiranya dapat mendukung proses Asset Based Resolution sebagai mekanisme pembayaran homologasi. 

"Khususnya terkait koordinasi dalam upaya pencabutan blokir terhadap aset-aset berupa lahan/gedung yang bukan merupakan barang bukti terkait dugaan tindak pidana,”  lanjutnya.

Merespon harapan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil menyanggupi untuk mendukung proses Asset Based Resolution dimaksud. 

Baca Juga: Waspada TBC Laten, Tidak Bergejala Bisa Muncul Kapanpun

Aset koperasi pada umumnya berupa piutang atau tagihan kepada para anggota peminjam, aset tetap berupa lahan dan gedung, serta aset lainnya yang berupa investasi.

Selain mengupayakan penagihan piutang sebagai sumber pembayaran tahapan homologasi, Koperasi dapat menjual aset tetap yang dimillikinya untuk melakukan pembayaran tahapan homologasi. 

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Kemenkop UKM


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini