Ini Strategi Yang Menjadi Solusi Dalam Mengelola Finansial Pribadi

- 14 Agustus 2020, 16:28 WIB
TIPS Mengatur Uang untuk Generasi Milenial agar Terbebas dari Masalah Finansial
TIPS Mengatur Uang untuk Generasi Milenial agar Terbebas dari Masalah Finansial /PEXELS/

JAKSELNEWS.COM ­– Dengan adanya dampak dari COVID-19 berbagai kegiatan menjadi terhambat, terlebih sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah besar di Indonesia. Adanya PSBB menjadikan segala jenis kegiatan ekonomi menjadi terhambat, yang kemudian berdampak kepada finansial pribadi masing – masing orang.

Keadaan yang tejadi saat ini memaksa kita untuk lebih pintar dalam mengelola finansial pribadi agar tetap berjalan seimbang. Tidak ada kepastian kapan perekonomian akan kembali normal, dengan begitu sebaiknya gunakan strategi Spending Wisely untuk menjaga konsumsi agar finansial tetap seimbang.

Dalam menerapkan Spending Wisely seperti dilansir oleh Jakselnews dan dikutip dari Ring Times Bali berjudul Mengenal Spending Wisely, Strategi Mengelola Finansial Pribadi, dapat mengikuti beberapa langkah berikut.

Melakukan pembelanjaan online dan cari potongan harga

Berbelanja online dapat menjadi solusi ketika ingin menghemat namun tetap harus membeli kebutuhan, karena beberapa marketplace di e-commerce sering mengadakan potongan harga atau cashback yang menarik, yang kemudian kamu dapat tetap berbelanja dengan harga lebih murah. Namun tetap harus waspada jika berbelanja online karena seringkali terjadi penipuan.

Dahulukan membeli kebutuhan

Tidak ada salahnya jika membeli sesuatu disaat sedang menahan pengeluaran. Namun tetap harus berhati – hati jika berbelanja karena seringkali sulit dalam membedakan mana yang menjadi “kebutuhan” dan mana yang hanya “keinginan”. Sebelum mulai berbelanja sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu, apa yang mau dibeli, apakah itu suatu kebutuhan atau hanya keinginan saja. Karena saat ini kamu harus tahu batas diantara keduanya.

Selalu ingat untuk menabung

Jika memiliki setidaknya sedikit uang sebaiknya selalu mengingat untuk menabung, karena kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir oleh karena itu selalu sisihkan uang dari yang kamu punya, setidaknya untuk berjaga – jaga.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Ringtimes Bali


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x