PT Pertamina Dukung Produk Binaan Berbasis Pengolahan Pangan Lokal

- 26 Oktober 2020, 19:29 WIB
Fajriyah Usman selaku Vice President Corporate Communication PT Pertamina
Fajriyah Usman selaku Vice President Corporate Communication PT Pertamina /Brilio/

JAKSELNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) melalui program kemitraan mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang Go Modern. Sehingga produk-produk tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus membuka peluang lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.

Salah satu UMKM binaan Pertamina yang masuk dalam dunia bisnis pengolahan pangan lokal adalah Ico Ordiana.

Pemilik usaha Gerai Amanah ini mengolah berbagai produk lokal yang murah dan mudah didapat seperti singkong, ubi-ubian, dan aneka macam ikan.

"Tahun 2006 mulai usaha olahan ikan, kemudian merambah ke bahan-bahan lain," kata Ico Ordiana. Dikutip jakselnews.com dari artikel Pikiran Rakyat berjudul Pertamina Dorong UMKM Buat Pengolahan Pangan Lokal jadi Go Modern.

Ico Ordiana atau yang akrab disapa dengan Diana telah melakukan diversifikasi produk, baik berupa Frozen food maupun produk makanan kering. Hingga saat ini produk yang dihasilkan diantaranya keripik ikan, bakso ikan, empek-empek, singkong Frozen, rengginang ubi ungu, hingga tepung mocaf.

ia juga menerapkan hasil pembinaan dari Pertamina untuk membuat produknya go modern. Pembinaan go modern yang dilakukan Pertamina langsung diterapkan untuk menaikkan daya jual produknya. Seperti perbaikan kemasan yang aman dan bagus hingga persyaratan dan perizinan yang dibutuhkan agar produknya bisa beredar secara luas pun sudah dipenuhi.

"Dalam 1 bulan kami membutuhkan singkong sebanyak 100 kg yang kami dapatkan dari petani di Kerinci dan petani di pasar. Singkong inilah yang kami olah menjadi beragam panganan khas," ujar Ico Ordiana.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menambahkan, seluruh mitra binaan Pertamina akan mendapat pembinaan serupa dengan Diana. Mereka akan dibina agar dapat naik kelas.

Dengan parameter yaitu memiliki izin usaha dan sertifikasi terkait, serta dengan adanya penambahan omset dan tenaga kerja.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x