XL Axiata Catat Kinerja Positif, Pendapatan Layanan Naik 8 persen Hingga Kuartal III/2020

- 5 November 2020, 14:44 WIB
XL Axiata maksimalkan kinerja
XL Axiata maksimalkan kinerja /Antara

JAKSELNEWS.COM - PT Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan kinerja sepanjang sembilan bulan 2020. Berdasarkan publikasi Perseroan, emiten bersandi EXCL ini berhasil membukukan pendapatan layanan (service revenue) sebesar Rp 18,3 triliun atau meningkat 8 persen dibandingkan periode yang sama 2019.

Pendapatan dari layanan data juga terus meningkat 12 persen year on year (YoY) dan sekaligus meningkatkan kontribusinya terhadap total pendapatan layanan perusahaan menjadi sebesar 92 persen.

"Pandemi COVID-19 berdampak pada daya beli masyarakat, dan itu juga sangat dirasakan oleh semua operator. Turunnya daya beli masyarakat ini ternyata tidak menurunkan intensitas kompetisi di industri dan semua operator justru berlomba menawarkan berbagai produk, yang selain disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat untuk tetap produktif dan akses ke hiburan, juga disesuaikan dengan kemampuan beli masyarakat," kata Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini. Dikutip jakselnews.com dari Antara.

XL Axiata pada sepanjang sembilan bulan ini juga berhasil meraih EBITDA sebesar Rp 9,9 triliun, meningkat 34 persen year on year.

Laba bersih setelah pajak pada sembilan bulan ini tercatat Rp 2,1 triliun. Secara kuartal, pada periode kuartal ketiga 2020 ini, EBITDA juga berhasil tumbuh 3 persen lebih tinggi dari kuartal sebelumnya (QoQ), dan laba bersih setelah pajak mencapai sebesar Rp 331 miliar.

Beban usaha di sembilan bulan tahun 2020 menurun 14 persen YoY. Penurunan ini bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya beban biaya infrastruktur yang lebih rendah (28 persen YoY) sebagai dampak dari adopsi International Financial Reporting Standard/IFRS 16.

Faktor selanjutnya adalah biaya interkoneksi dan biaya langsung lainnya juga turun 24 persen YoY, terutama karena interkoneksi yang lebih rendah sebagai dampak dari penurunan trafik penggunaan layanan suara.

Pada trafik data sepanjang sembilan bulan pertama 2020 meningkat 47 persen YoY dari 2.386 Petabyte menjadi 3.496 Petabyte. Sementara itu, jika dihitung per kuartal, pada kuartal ketiga 2020 ini, trafik data meningkat 4 persen QoQ.

Peningkatan trafik tidak terlepas dari bertambahnya jumlah total pelanggan, yaitu menjadi 56,9 juta meningkat dari kuartal sebelumnya sebanyak 55,7 juta.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x