Desa di Garut Kembangkan Kopi Jadi Komoditas Unggulan Demi Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

- 25 Januari 2021, 13:16 WIB
Ilustrasi biji kopi.
Ilustrasi biji kopi. /Pexels.com

JAKSELNEWS.COM - Sebagai komoditas unggulan yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sejumlah desa di Kabupaten Garut, Jawa Barat mengembangkan produk kopi.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Garut Ardhy Firdian di Garut, Minggu, 24 Januari 2021, mengatakan beberapa desa yang wilayahnya memiliki kebun kopi, sudah mengembangkannya menjadi produk usaha unggulan.

"Mereka memiliki potensi yang cukup besar di samping melihat juga bahwa komoditas kopi ini memiliki prospek ekonomi yang sangat bagus," kata Ardhy.

Baca Juga: Cegah Persebaran Virus Corona, PT KAI akan Gunakan GeNose C19

Ardhy mengatakan bahwa sejumlah desa yang sudah mulai mengembangkan potensi kopi saat ini di daerah nya, yakni diantaranya di Kecamatan Cisurupan, Pasirwangi, Cikajang, Tarogong Kaler, dan Malangbong.

Mengingat potensi kopi sebagai komoditi unggulan, tentunya pemerintah daerah selama ini terus mendorong pengembangan produksi kopi dari Garut, sebagaimana diberitakan oleh Pikiran-Rakyat yang berjudul Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Sejumlah Desa di Garut Kembangkan Potensi Kopi Jadi Komoditi Unggulan.

Ardhy juga mengatakan bahwa pemerintah selama ini telah berupaya melakukan pembinaan untuk meningkatkan kualitas kopi, mulai dari panen sampai pembentukan kelompok taninya.

Baca Juga: Suara Dentuman Misterius di Bali, Ini Penjelasan BMKG

"Sebagai pembina komoditas kita tetap fokus pada upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas biji kopi yang dihasilkan melalui pembinaan di aspek budi daya pascapanen serta kelembagaan kelompok taninya," kata Ardhy.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x