Para Investor Peduli Lingkungan dan Prinsip Berkelanjutan, Sambutlah Dua Indeks Baru di Bursa

- 20 Desember 2021, 11:27 WIB
Layar  bursa saham.
Layar bursa saham. /Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/

JAKSELNEWS.COM - Menjelang penutupan akhir tahun 2021, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) meluncurkan dua indeks baru yaitu ESG Sector Leaders IDX KEHATI dan ESG Quality 45 IDX KEHATI. Peluncuran berlangsung Senin 20 Desember 2021.

 Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI berisikan saham-saham dengan hasil penilaian kinerja ESG (Environment, Social, Governance) di atas rata-rata sektornya, serta memiliki likuiditas baik

Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI mengukur 45 saham terbaik dari hasil penilaian kinerja ESG dan kinerja keuangan perusahaan, serta memiliki likuiditas yang baik.

 

Baca Juga: Serial Investasi, Cara Mengetahui Emas Asli dan Palsu Sebelum Mulai Menabung Emas

Kerja sama peluncuran dua indeks ESG baru ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan investor global maupun investor domestik akan investasi saham di pasar modal Indonesia yang mengintegrasikan aspek environment, social, dan governance (ESG).

Kebutuhan akan investasi berbasis ESG salah satunya tercermin dari besarnya animo investor lokal terhadap produk investasi berbasis ESG.

Hal tersebut dapat terlihat dari total dana kelolaan reksa dana yang mengacu kepada indeks saham bertema ESG adalah sebesar Rp3,4 triliun pada Oktober 2021 yang naik 80 kali lipat dari total dana kelolaan di tahun 2016 sebesar Rp42,2 miliar.

Di tingkat global, animo tersebut dapat terlihat dari dana kelolaan investasi dari 3.826 investor institusi global tergabung dalam United Nations of Principle of Responsible Investment (UNPRI) yang pada  2021 tercatat sebesar US$121,3 triliun atau naik 96% dari nilai dana kelolaan di tahun 2016 sebesar US$62 triliun.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: IDX Keterangan Pers


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x