Serial Investasi, Cara Mengetahui Emas Asli dan Palsu Sebelum Mulai Menabung Emas

- 20 Desember 2021, 08:16 WIB
Ilustrasi emas batangan.
Ilustrasi emas batangan. /Pexels/Michael Steinberg.

JAKSELNEWS.COM- Karena harganya mahal, banyak orang berusaha memalsukan emas hingga akhirnya merugikan para investor. Berikut cara membedakan emas asli dan palsu sebelum mulai berinvestasi emas.

Perhatikan dengan baik bagian fisik dari emas tersebut.

Anda bisa lihat tanda–tanda khusus yang biasanya ada di emas murni atau emas batangan. Misalnya saja ada cap yang menandakan kadar emas tersebut. Umumnya menggunakan satuan fineness, tetapi lazimnya dikenal dengan menggunakan satuan karat dalam angka mulai dari 10K, 18K, dan 24K.

Jika digosok apa warnanya berubah?

Coba pegang kemudian coba gosok permukaan emasnya menggunakan telapak tangan atau telunjuk Anda. Jika setelah digosok warnanya jadi pudar dan tidak seragam, bisa dipastikan itu adalah emas palsu, begitu pun sebaliknya.

Uji keaslian emas yang dibeli dengan digigit.

Emas adalah logam mulia lunak, sehingga mudah sekali dibentuk. Jika si penjual tawarkan emas dengan kadar tinggi, maka Anda bisa cek lunak atau tidaknya emas tersebut dengan mudah. Semakin tingginya kadar karatnya, emas akan jadi semakin lunak.

Cara paling mudah mengetahui keasliannya adalah dengan menggigit bagian permukaan emas. Jika setelah digigit ada bekas gigitan yang tertinggal, itu artinya emas asli. Walaupun demikian, sangat disarankan sekali agar Anda tidak buru–buru membelinya. Karena bisa jadi material yang menyusun emas palsu itu adalah timah, karena logam timah juga termasuk golongan logam lunak.

Mencoba mendekatkan dengan magnet.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: logammulia.com


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x