Beberapa Menit Jalan Kaki Bisa Menyehatkan Tubuh? Yuk, Cari Tahu!

- 29 Januari 2021, 23:43 WIB
Jalan Kaki
Jalan Kaki /unsplash

JAKSELNEWS.COM - Sering berpikir pingin olahraga tapi rasanya malas? Apalagi membayangkan lari keliling lapangan atau kompleks rumah, ugh, rasanya malas sekali, ya. Sedangkan lemak di tubuh sudah menumpuk dan harus segera dihilangkan.

Pernah berpikir seperti itu? Kalau kamu sama berpikiran seperti itu, mungkin bisa coba olahraga ringan, berjalan kaki. Yup, jalan kaki ini termasuk olahraga, lho bahkan masuk dalam kategori aerobik.

Cukup dengan berjalan kaki selama 40 menit dalam sehari, sudah membantu mengontrol kesehatan diri. Berbagai manfaat diberikan, bila berjalan kaki ini dilakukan secara konsisten selama seminggu.

Baca Juga: Matahari, si Cahaya Alami dengan Berbagai Manfaat

Manfaat kesehatan yang didapat dari jalan kaki diantaranya, dapat membakar kalori, meningkatkan sistem imun, bantu mengurangi risiko depresi, meningkatkan mood, mengatur gula darah dan dapat meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, berjalan kaki membantu memperkuat jantung dan memungkinkan untuk memompa darah lebih efisien ke seluruh tubuh, yang dapat bantu menurunkan tekanan darah dan mengatur kadar kolestrol.

Menurut John Ford, ahli Fisiologi olahraga, jalan kaki ini dapat disarankan ke banyak orang dibandingkan olahraga lari. Contohnya, orang yang memiliki masalah pada lutut, pergelangan kaki, punggung dan juga orang yang kegemukan hingga obesitas.

Baca Juga: ‘Cat Stretch’ untuk Hilangkan Nyeri di Punggung

“Berjalan kaki merupakan olahraga dengan dampak cedera yang rendah dan bisa dilakukan untuk jangka waktu yang lama,” lanjut John Ford.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: nbcnews Livestrong


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x