4 Tanda Umum Orang yang Terlalu Lama Kesepian

- 8 Februari 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi orang kesepian. (Pixabay)
Ilustrasi orang kesepian. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Menyendiri merupakan hal yang disenangi oleh beberapa orang, hal ini mungkin karena kurang menyukai sosialisasi.

Berdasarkan sebuah penelitian tahun 2015 yang melibatkan lebih dari 380.000 orang, faktanya, orang yang memiliki hubungan sosial yang kurang dari 50 persen lebih berisiko meninggal selama periode tertentu dibandingkan mereka yang memiliki lingkungan sosial yang lebih kuat.

"Orang takut untuk mengaku kesepian karena stigma yang dibawanya mereka takut dihakimi atau diasingkan," Babita Spinelli, terapis yang berbasis di New York City, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Insider.

Baca Juga: Cocok untuk Dikonsumsi Saat Diet, Ini Daftar 10 Buah yang Cepat Turunkan Berat Badan

Namun, apabila orang yang merasa kesepian ternyata bisa berdampak ke fisik loh, yuk simak penjelasannya.

1. Hidung Tersumbat dan Gejala Pilek Lainnya

Jika Anda masuk angin, kesepian mungkin salah satu penyebabnya.

"Ketika kita merasa sendirian, ketika kita kekurangan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang-orang dengan cara yang akrab dan nyaman, kita merasa rentan, dan kita merasa terancam dan diserang," Kory Floyd, seorang profesor komunikasi di Universitas Arizona yang mempelajari bagaimana kasih sayang berdampak pada stres dan fungsi fisiologis.

2. Kesulitan Tidur

Kesepian dapat terjadi bersamaan dengan, dan memiliki gejala serupa, depresi, termasuk sulit tidur atau terlalu banyak tidur.

Baca Juga: Suka Tidur Lebih dari 8 Jam? Ternyata Nggak Baik untuk Kesehatan, Lho

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini