Tips Berkendara Aman dengan Sepeda Motor Saat Hujan

- 20 Februari 2021, 07:01 WIB
Seorang pengendara sepeda motor menerjang hujan demi mengantarkan barang.
Seorang pengendara sepeda motor menerjang hujan demi mengantarkan barang. /Unsplash

JAKSELNEWS.COM - Sepanjang bulan Januari-Februari wilayah DKI Jakarta terus diguyur hujan. Di sebagian wilayah sudah mulai banjir karena intensitas air cukup tinggi dari hari ke hari.

Saat musim hujan datang, banyak hal yang perlu disiapkan oleh pengendara sepeda motor. Seperti membawa jas hujan, menyiapkan sepatu tahan air untuk melindungi kaki dari cipratan air atau jika harus melewati genangan air di jalan.

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah bagaimana berkendara yang aman dengan sepeda motor saat musim hujan. Kondisi jalan yang licin dan dipenuhi genangan air menjadi tantangan tersendiri bagi para pengendara. Tidak heran, banyak kecelakaan terjadi yang diakibatkan kurangnya konsentrasi saat berkendara di tengah hujan.

Berikut ini tips berkendara yang aman dan nyaman saat musim hujan dengan sepeda motor.

1. Gunakan jas hujan setelan

Pemilihan jas hujan juga menjadi salah satu tips penting dalam berkendara. Usahakan Anda menggunakan jas hujan model single, atau setelan yang terdiri dari atasan serta bawahan. Selain membuat Anda nyaman, juga terhindar dari kecelakaan.

Meski belum ada data resmi, namun penggunaan jas hujan bentuk ponco tandem seringkali membuat tidak nyaman pengendara yang akhirnya menyebabkan kecelakaan. Pasalnya, karena bentuknya yang lebar dan besar, bagian dari jas hujan ini sering terselip ke roda belakang. Anda juga diharuskan seringkali memperhatikan bagian bawah yang menjuntai agar tidak terselip, tentu ini sangat mengganggu dan mengurangi konsentrasi saat berkendara bukan?

2. Nyalakan lampu kendaraan

Kondisi hujan lebat membuat jarak pandang kian sempit. Pastikan Anda selalu menyalakan lampu kendaraan saat berkendara di tengah derasnya hujan. Menyalakan lampu kendaraan juga membantu Anda melihat kondisi jalan yang tergenang air.

Halaman:

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x