Trik Pilih Menu Buka Puasa dan Sahur, Bisa Turunkan Berat Badan lho!

- 11 April 2021, 20:52 WIB
Ilustrasi kurma sebagai menu yang cocok saat berbuka puasa / Pixabay / Enotovyj
Ilustrasi kurma sebagai menu yang cocok saat berbuka puasa / Pixabay / Enotovyj / Pixabay

JAKSELNEWS.COM  - Bulan puasa ramadan bisa menjadi kesempatan bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan di samping menjalankan ibadah. Tentu dengan strategi pola makan yang sehat dan tepat.

Mengutip dari laman Antara, Dokter spesialis gizi klinik RSUI, Wahyu Ika Wardhani memberikan tips untuk tetap sehat dan dapat membantu penurun berat badan.

Menu sahur

Ketika sahur disarankan sebagai sumber karbohidrat. Sebaiknya yang berjenis karbohidrat kompleks seperti nasi beras merah atau roti gandum, perbanyak sayur dan buah untuk kebutuhan vitamin dan serat, lauk pauk kaya protein seperti ayam, ikan atau telur.

Baca Juga: MUI Harap Warga Muslim Yakin Ikut Vaksinasi Saat Puasa

Menu Berbuka

Saat berbuka hindari makan yang terlalu berlebihan, nikmati makanan secara perlahan. Jenis makanan yang dikonsumsi sebaiknya hindari gorengan serta batasi gula sederhana. Contoh makanan berbuka yang baik adalah kurma.

Dokter Ika yang lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu menyarankan untuk tetap hidrasi tubuh dengan baik melalui asupan air putih minimal delapan gelas sehari, dua gelas saat berbuka, empat gelas di malam hari dan dua gelas saat sahur. Selain itu, aktivitas fisik juga sebaiknya dilakukan pada saat puasa.

Dokter Ika juga mengingatkan untuk mengkonsumsi sesuai kebutuhan tubuh. Apabila berlebihan, maka berat badan bisa naik berlebih dan menyebabkan penyakit metabolik. Sementara, apabila asupan kurang, dapat menyebabkan kurang gizi, sehingga daya tahan tubuh menurun dan mudah terinfeksi penyakit. 

Baca Juga: Bulan Ramadan 2021, DKI Jakarta Perbolehkan Sholat Tarawih di Masjid

Dia menambahkan bahwa berpuasa punya beragam manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan resistensi insulin dan risiko DM, merangsang sistem imun dan perbaikan sel, mengatur metabolisme sel, dan membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan inflamasi.***

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x