WFH Lagi? Jangan Lemas, Ini Cara Pertahankan Motivasi Kerja

- 23 Juni 2021, 15:52 WIB
Cara jaga motivasi saat WFH
Cara jaga motivasi saat WFH /Cara jaga motivasi saat WFH

Di tengah pandemi virus corona, terutama belakangan ini di mana varian delta yang disebut-sebut lebih cepat menular, banyak kantor yang memberlakukan kembali work from home (WFH) untuk para karyawannya.

Kebijakan ini direspon beragam oleh para pekerja. Ada yang merasa senang karena bisa WFH, namun tak sedikit juga yang mengeluh karena mobilitas mereka terhambat dan harus berdiam di rumah.

Bukan hanya rutinitas kerja di kantor, rutinitas kerja dari rumah alias WFH juga berpotensi membuat seseorang bosan, bahkan sampai stres. Alhasil, hal ini memicu menurunnya motivasi kerja.

Baca Juga: Gubernur DKI Anies Baswedan Meminta Warganya Agar Berakhir Pekan Tetap di Rumah

Kendati demikian, WFH hanya satu hal kecil saja yang dapat dianggap sebagai pemicu munculnya stres. Dikutip dari Healmind yang mencuplik artikel Betterhealth, sebuah penelitian terkait stres yang digelar pada tahun 2020, pemicu stres yang berhubungan dengan pekerjaan atau kehidupan pribadi bisa berdampak pada kepuasan kerja, motivasi kerja dan loyalitas pekerja pada perusahaan. 

Lantas, bagaimana stres dapat mempengaruhi motivasi kerja? Simak ulasannya berikut ini.

 

Stres dapat turunkan motivasi kerja

Dengan adanya motivasi, tentu saja, seseorang akan makin bersemangat dalam menjalani profesinya. Dorongan motivasi membuat seseorang menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

Sejumlah riset menunjukkan, stres menurunkan kepuasan kerja dan motivasi kerja. Akibatnya, produktivitas kerja merosot.

Tak jarang, turunnya motivasi terjadi akibat beban kerja yang berlebihan. Seseorang akan makin stres jika harus menyelesaikan pekerjaan melebihi waktu kerja itu sendiri.

Baca Juga: Pemerintah Segera Datangkan Vaksin Pfizer BionTech ke Indonesia, Demi Capai Herd Immunity (Kekebalan)

Jika stres berlarut-larut, dampaknya pun akan lebih besar pada diri seseorang. Seseorang bisa saja berpikir untuk mencari kesempatan kerja di tempat lain. Artinya, mengundurkan diri dari pekerjaan utama jadi pilihan utama.

Bagaimana caranya agar motivasi tidak hilang?

Supaya motivasi tidak luntur, ada beberapa cara untuk mengobati stres seorang pekerja.

1. Cari aktivitas ringan sebelum bekerja

Saat WFH, seseorang makin banyak punya waktu di rumah sebelum mulai bekerja. Sebab, waktu yang ada tidak lagi terbuang untuk melakukan perjalanan dari rumah ke tempat kerja. 

Untuk mengisi waktu luang itu, coba cari aktivitas baru. Yang ringan saja, jangan pilih aktivitas yang menguras tenaga. 

Baca Juga: Ahli Biologi Meminta Agar Penggunaan Alat Tes GeNose Dihentikan Sementara, Inilah Alasannya

Contohnya saja membaca buku, atau melakukan latihan peregangan ringan. Dengan melakukan hal ini, seseorang tidak terpaku pada beban kerja. Pikiran pun lebih fresh untuk mulai bekerja lagi.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Healmind.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah