Hati-hati! Virus Covid-19 Varian Delta Lebih Berbahaya Dibandingkan Covid-19 Sebelumnya

- 30 Juni 2021, 10:25 WIB
Ilustrasi virus corona varian Delta.
Ilustrasi virus corona varian Delta. /Pixabay/Gerd Altmann

JAKSELNEWS.COM - Penyebaran varian baru virus corona, yakni Delta (B.1617.2), yang diketahui berasal dari India ini, semakin membuat kondisi di DKI Jakarta dan sekitarnya memprihatinkan, dengan adanya kasus yang terus meningkat. 

Kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia, ditemukan puluhan kasus transmisi lokal varian Delta di Jabodetabek.
 
"46 transmisi lokal varian Delta di DKI Jakarta, 22 transmisi lokal varian Delta di Bodetabek yang mana pemeriksaannya dilakukan di Jakarta," kata Dwi dalam keterangan tertulis, Senin (28/6/2021). 
 
 
Data ini merupakan hasil pemeriksaan sampel varian baru atau Variant of Concern (VoC) per 28 Juni 2021. 
 
Namun, tak hanya kasus transmisi lokal, ia juga mengatakan, ada 20 kasus virus corona varian Delta yang teridentifikasi dari perjalanan orang keluar negeri atau kasus impor. 
 
Kendati demikian, ada juga 25 kasus varian Delta lainnya yang masih dalam proses verifikasi, apakah merupakan kasus transmisi lokal atau kasus impor. 
 
Saat ini, total orang yang terpapar Covid-19 varian Delta di Jabodetabek berjumlah 113 kasus dari 980 sampel yang diperiksa. 
 
Dalam kasus yang sama, varian Alpha (B.117) asal Afrika Selatan ditemukan sebanyak 12 kasus dan varian Beta (B.1.351) asal Inggris ditemukan 3 kasus. 
 
 
Dwi mengimbau untuk masyarakat agar tetap waspada, karena Covid-19 varian baru ini, khususnya Delta (B.1617.2), jauh lebih cepat menular.
 
"Kami mengimbau seluruh masyarakat tetap waspada karena varian baru ini lebih cepat menular dan menimbulkan gejala yang lebih berat." Ujar Dwi.***

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x