Sepertiga Pengidap Diabetes Terdeteksi dari Kulit Tubuh, Kenali Lima Gejalanya

- 9 Desember 2021, 16:30 WIB

JAKSELNEWS.COM -  Gejala diabetes dapat dikenali dari kondisi kulit kaki dan tangan. Diagnosis yang cepat bisa dilakukan untuk mencegah penyakit. Mengutip dari Every Day Health, Rabu 8 Desember 2021, diabetes adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang paling cepat menjalar, penyakit ke seluruh tubuh, termasuk kulit Anda.

Sekitar sepertiga pengidap diabetes bisa terdeteksi dari gejala kulit tubuh. Menurut American Diabetes Association (ADA), beberapa masalah kulit bisa menjadi tanda peringatan diabetes pada mereka yang tidak terdiagnosis.

Jika Anda melihat ada masalah kulit, sekarang saatnya untuk berbicara dengan dokter Anda. Lakukan tes diabetes jika Anda belum didiagnosis. 

Baca Juga: 3 Trik Konsumsi Nasi Tanpa Takut Gemuk, Antara Lain Menggunakan Piring Kecil

Berikut adalah 5 tanda masalah kulit yang diakibatkan karena penyakit diabetes, kenali sejak awal sebelum terlambat:

  1. Infeksi Bakteri Pada Kulit 

Meski siapa pun bisa terinfeksi bakteri pada kulit, pengidap diabetes lebih rentan terhadapnya. Masalah kulit bakteri khas yang cenderung mengganggu pasien termasuk sties kelopak mata, bisul, infeksi kuku, dan bisul atau infeksi kulit pada bagian dalam dan jaringan kulit di bawahnya.

Biasanya, area di sekitar infeksi akan terasa panas, merah, nyeri, dan bengkak. Perawatan dengan krim atau pil antibiotik biasanya akan mengatasi masalah kulit ini.

  1. Infeksi Jamur 

Orang dengan diabetes sangat rentan terhadap infeksi jamur, terutama yang disebut Candida albicans. Jamur seperti ragi ini menciptakan ruam merah dan gatal, sering dikelilingi oleh lepuh kecil dan sisik, yang biasanya ditemukan di daerah yang hangat dan lembab seperti ketiak atau di antara jari kaki.

Infeksi jamur lain yang umum pada orang dengan diabetes termasuk kurap, gatal di selangkangan, kaki atlet, dan infeksi jamur vagina. Segeralah konsultasikan dengan dokter Anda agar mendapat resep obat yang tepat untuk mengatasi masalah kulit jamur.

Baca Juga: Siap-siap Para Gamers, Awal tahun Harga Laptop Gaming Bakal Semakin Mahal

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah