Punya 60 Juta Gamer, Pengembangan Game di Indonesia Bakal Ciptakan Lapangan Kerja

- 19 Desember 2021, 15:30 WIB
Kegiatan Menparekraf: Game Development Potensial Bangkitkan Ekonomi dan Ciptakan Lapangan Kerja
Kegiatan Menparekraf: Game Development Potensial Bangkitkan Ekonomi dan Ciptakan Lapangan Kerja /Kemenparekraf

JAKSELNEWS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, meyakini salah satu subsektor ekonomi kreatif yakni game development memiliki peluang besar untuk membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

“Pengembangan permainan atau game development ini menjadi satu subsektor yang sangat perspektif di 2022 ke depan. Hal ini karena Indonesia memiliki lebih dari 60 juta gamer dan akan terus bertumbuh,” ujar Menparekraf Sandiaga, saat meninjau ajang Piala Presiden Esports 2021, di Bali.

Untuk itu, pemerintah bersinergi dalam menyelenggarakan turnamen Piala Presiden Esports 2021, yang merupakan salah satu upaya untuk memberikan ruang aktualisasi bagi pengembangan esport di Indonesia. Mulai dari aspek sumber daya manusia hingga aspek ekosistem dan industri yang melingkupinya.

Baca Juga: Anda Bisa Menjual Barang Remeh Temeh di Marketplace, Mulai dari Kulit Telur hingga Pelepah Pisang

Menparekraf Sandiaga, Kemenparekraf/Baparekraf turut andil dalam memberikan fasilitasi dan pendampingan bagi game lokal yang mengikuti turnamen Piala Presiden Esports 2021, yaitu Lokapala.

“Lokapala ini adalah salah satu yang membanggakan kami, karena merupakan game lokal yang juga kami fasilitasi. Tapi ke depan, kami akan memberikan bantuan fasilitasi inkubasi pelatihan dan pendampingan bagi para developer game lokal,” katanya.

Sandi mengatakan kemenparekraf akan memastikan para gamer dan game-game lokal mendapatkan satu sentuhan pemerintah yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.  “Agar mereka juga suatu saat bisa sukses seperti PUBG, Mobile Legend, dan juga Free Fire,” lanjutnya.

Baca Juga: 10 Pekerjaan Era Digital Paling Dicari di Indonesia

Piala Presiden Esports 2021 ini telah diikuti sebanyak 120.974   peserta dan terdapat tujuh game yang dipertandingkan, yaitu Mobile Legends, PUBG, Free Fire, Lokapala, Battle of Satrua Dewa, MPL-Speed Chees, dan eFootball PES.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x