Ini Dia Manfaat Jantung Pisang yang Perlu Kamu Ketahui

- 23 Desember 2021, 06:52 WIB
ilustrasi: Jantung pisang dapat menjadi penangkal alami berbagai macam penyakit
ilustrasi: Jantung pisang dapat menjadi penangkal alami berbagai macam penyakit /Elosoblues/pixabay/

JAKSELNEWS.COM - Jantung pisang merupakan bagian dari pohon pisang yang umumnya dikenal sebagai cikal bakal buah. Warna merah tua berdaging putih menjadi ciri khas dari bunga tumbuhan dengan buah berwarna kuning ini.

Di Indonesia, bahan ini sudah sering diolah menjadi sayur. Namun, manfaat jantung pisang sendiri belum banyak diketahui, tidak seperti reputasi buahnya yang sudah sangat populer.

Sayangnya, jantung pisang sering kali dibuang karena dianggap tak berguna. Padahal, banyak manfaat jantung pisang bisa didapatkan melalui berbagai olahannya yang lezat.

Melansir dari alodokter, dalam 1 jantung pisang terdapat berbagai nutrisi penting, seperti kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, asam lemak, asam amino esensial dan nonesensial yang diperlukan oleh tubuh.

Baca Juga: Susah Tidur? Berikut 6 Tips agar Tertidur Cepat

Tidak hanya itu. Jantung pisang juga mengandung fitokimia tertentu, yang bisa berperan sebagai antioksidan.

Berikut beberapa manfaat dari jantung pisang yang dilansir dari berbagai sumber terkait.

1.Menjaga sistem pencernaan

Serat pada jantung pisang didominasi oleh serat tidak larut air. Jenis serat ini diketahui sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Serat ini juga dapat menghindarkan kamu dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, maag, wasir, dan radang usus.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini