Ini 4 Penyebab Self Hatred, Perilaku Membenci Diri Sendiri

- 9 Januari 2022, 11:43 WIB
Ilustrasi  rasa membenci diri sendiri
Ilustrasi rasa membenci diri sendiri /Craig/Pexels

JAKSELNEWS.COM - Self-hatred atau self-loathing adalah perasaan benci pada diri sendiri. Self-hatred adalah perasaan yang mendasari bahwa kita tidak cukup baik dalam banyak hal. 

Perasaan ini bisa cukup halus, seperti terbiasa membandingkan diri kita dengan orang lain, yang tanpa sadar membuat kita jadi fokus mencari kekurangan dan merendahkan diri sendiri.

Self hatred ini dapat terjadi karena pikiranmu  terus merasa bahwa selama ini apa yang kamu lakukan selalu saja gagal. Kamu berpikir semua mimpimu akan sia-sia dan keinginanmu tidak akan terwujud.

Hal ini dapat berkembang dari waktu ke waktu. Pemicunya bisa bermacam-macam, dan individu dengan masalah self-hatred mungkin bisa memiliki lebih dari satu faktor pemicu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Tentang Dunia Kerja, Dapat Motivasi dan Semangat Kerja

Berikut ini penyebab dari self hatred yang dilansir dari insightme.id :

1.Trauma

Banyak orang dengan self hatred yang ekstrem mengalami pengalaman traumatis seperti pelecehan dan pengabaian seksual, fisik, atau emosional. Trauma membuatmu memandang dunia sebagai tempat yang tidak aman dan orang-orang di sekitarmu berbahaya.

Oleh karena itu, pikiranmu mengembangkan narasi yang membuatmu merasa seolah-olah tidak berharga dan tidak layak dicintai.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x