Bacaan Doa Setelah Wudhu dan Artinya

- 14 Januari 2022, 10:43 WIB
Ilustrasi berwudhu sebelum melakukan sholat.
Ilustrasi berwudhu sebelum melakukan sholat. /Pixabay/mucahityildiz

JAKSELNEWS.COM - Dalam melaksanakan sholat, biasanya kita membaca doa sebelum wudhu dan doa setelah wudhu yang bisa menjadi amalan yang bisa dilakukan oleh umat Islam karena hal itu merupakan sunnah dari Nabi Muhammad SAW.

Wudhu sendiri merupakan salah satu syarat wajib bagi umat Islam yang hendak menunaikan sholat. Dengan berwudhu, manusia menyucikan dirinya secara menyeluruh dan sesuai dengan syariat sebelum menghadap Allah SWT.

Wudhu dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan hadast kecil. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesucian ketika menghadap Allah SWT. 

Mengenai suci dari hadas, Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim, adapun bunyi hadistnya seperti berikut ini:

Baca Juga: Panja Biaya Perjalanan Ibadah Haji Tahun 2022 Segera Dibentuk

"Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 'Allah tidaklah menerima shalat salah seorang di antara kalian ketika ia berhadas sampai ia berwudhu.' Ahdatsa Berarti muncul hadas yaitu sesuatu yang keluar dari salah satu dari dua jalan atau pembatal wudhu lainnya." 

Jika kamu berwudhu dengan benar sesuai ajaran Islam, hal itu dapat menggugurkan dosa dari anggota tubuh yang dibasuh. Agar syarat sah salat yang satu ini menjadi lengkap, ada baiknya untuk melafalkan doa setelah wudhu.

Maka dari itu, berwudhu hendaknya kita membersihkan dari berbagai kotoran dan najis yang menempel di badan maupun di pakaian yang menempel. Mulai dari najis berat hingga najis yang ringan semua harus bersih.

Doa Setelah Wudhu

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x