Doa Setelah Adzan, Latin dan Artinya

- 17 Januari 2022, 06:54 WIB
Sinopsis film ‘Sufiyum Sujatayum’ gadis bisu Hindu jatuh hati pada pemuda muslim pelantun adzan.
Sinopsis film ‘Sufiyum Sujatayum’ gadis bisu Hindu jatuh hati pada pemuda muslim pelantun adzan. /Tangkap layar YouTube Papiable Studios/YouTube Papiable Studios

JAKSELNEWS.COM - Ketika adzan berkumandang, umat muslim dianjurkan untuk berdoa, karena doa setelah adzan memiliki banyak keistimewaan. 

Adzan sendiri merupakan panggilan Allah SWT kepada umat muslim untuk segera menunaikan ibadah sholat. Saat adzan pun kita disarankan untuk meninggalkan kegiatan duniawi dan bergegas ke masjid atau mushola terdekat.

Meskipun hukumnya sunnah, menurut beberapa riwayat, doa yang dilafalkan setelah mendengar kumandang adzan termasuk doa yang tidak dapat ditolak.

Doa tersebut memiliki keistimewaan dimana dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah Ra, bahwasannya Rasulullah telah bersabda yang artinya:

Baca Juga: Kominfo Mulai Awasi Transaksi NTF, Ini yang Harus Diwaspadai

“Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (doa setelah adzan), maka masuklah syafaatku baginya di hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Melansir dari catatan NU Online, kitab Asna al-Mathalib oleh Imam Zakaria Al-Anshari menyebutkan, usai mendengar adzan sunah bagi muazin dan muslim yang mendengarkan untuk membaca shalawat. Adapun selawat paling utama, yakni selawat Ibrahimiyyah. Berikut bacaannya: 

“Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ `âli sayyidinâ Muhammad kamâ shallaita ‘alâ sayyidinâ Ibrâhîm, wa ‘alâ `âli sayyidinâ Ibrâhim, wa bârik ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ `âli sayyidinâ Muhammad kamâ bârakta ‘alâ sayyidinâ Ibrâhim, wa ‘alâ `âli sayyidinâ Ibrâhîm, innaKa Hamîdun Majîdun “

Artinya: "Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau merahmati Nabi Ibrahim dan keluarganya, serta berkatilah Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau berkatilah Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung."

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x