Mengenal Permainan Bola Voli, Teknik dan Peraturannya

- 1 Februari 2022, 09:37 WIB
Ilustrasi Pertandingan Bola Voli.
Ilustrasi Pertandingan Bola Voli. /Unsplash / Wan San Yip.

JAKSELNEWS.COM - Bagi kamu pecinta olahraga pasti tahu yang namanya olahraga bola voli. Olahraga ini diciptakan pertama kali oleh William G. Morgan di sekitar akhir abad 19. 

Morgan terinspirasi dari James Naismith, yaitu penemu olahraga bola basket. Dengan inovasinya dan menggabungkan beberapa permainan (baseball, tenis, bola basket, dan bola tangan), Morgan akhirnya menciptakan olahraga baru yang diberi nama Mintonette (Bola Voli).

permainan ini masuk ke dalam kategori pertandingan karena melibatkan dua tim yang saling berhadapan untuk mendapatkan hasil dari pertandingan.

Di luar negeri, olahraga voli pada tingkat dunia berada dibawah naungan FIVB (Federation Internationale de Volleyball). Sedangkan di Indonesia dipegang PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Baca Juga: Tulis Pesan untuk Penggemar, Aktor Nam Da-reum Umumkan Akan Berangkat Wajib Militer 8 Februari 2022

Olahraga ini berasal dari Amerika Serikat, di Indonesia sendiri permainan voli masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda, yaitu pada tahun 1928. Pada masa itu, olah raga ini hanya dimainkan oleh para bangsawan dan orang Belanda.

Lalu, olahraga voli mulai dikenalkan ke masyarakat melalui guru-guru pendidikan jasmani berasal dari Belanda.

Dalam permainan voli ada yang namanya teknik dasar dan peraturan-peraturan yang telah dibuat, apa sajakah itu? simak penjelasannya.

Teknik dasar permainan bola voli

1.Service

Servis Lompat; yaitu servis dengan cara melambungkan bola ke arah atas depan, lalu pemain melompat dan memukul bola ketika di udara ke arah lapangan lawan.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x