Mengenal Penyakit Fisura Ani, Penyebab serta Gejalanya

- 24 Maret 2022, 14:28 WIB
Waspada! Kenali Apa Itu Fisura Ani? Penyebab dan Gejala, Cek Apakah Kamu Juga?
Waspada! Kenali Apa Itu Fisura Ani? Penyebab dan Gejala, Cek Apakah Kamu Juga? /Freepik

JAKSELNEWS.COM - Tahukah kamu penyakit Fisura Ani? Fisura Ani merupakan luka atau robekan di anus. Kondisi ini disebabkan oleh adanya cedera pada anus akibat sembelit atau diare. Fisura ani bisa ditandai dengan nyeri tajam pada anus atau buang air besar (BAB) berdarah.

Fisura Ani biasanya menyebabkan rasa sakit dan pendarahan, selama dan setelah buang air besar. Otot di ujung anus juga akan terasa menegang dan keras.

Salah satu cara yang biasanya dianjurkan untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat. 

Penyakit Fisura Ani bisa terkena siapa saja baik itu laki-laki maupun perempuan dan segala usia. Fisura Ani dibagi menjadi dua yaitu kronik dan akut.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Perlu Kamu Waspadai

Melansir dari alodokter, gejala Fisura Ani, yaitu BAB berdarah, memang mirip dengan wasir atau hemoroid. Namun, kedua kondisi ini berbeda. Wasir terjadi saat pembuluh darah vena di anus membengkak, sehingga membentuk benjolan.

Fisura Ani bisa terjadi pada siapa saja, tetapi kondisi ini sering dialami oleh bayi atau remaja. Secara umum, ada sejumlah kondisi yang dapat meningkatkan risiko terjadinya Fisura Ani, antara lain:

-Sembelit (konstipasi)

-Diare kronis

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Alodokter


Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini