5 Cara Menurunkan Demam Tinggi dengan Mudah, Apa Saja?

- 13 April 2022, 10:14 WIB
Ilustrasi demam karena terserang tipes.
Ilustrasi demam karena terserang tipes. /pexels.com/Cottonbro.

JAKSELNEWS.COM - Demam tinggi biasanya kondisi yang pernah dirasakan oleh semua orang, mulai dari usia tua hingga anak-anak. Demam tinggi biasanya ditandai dengan peningkatan suhu tubuh mencapai 39°C atau lebih.

Melansir situs Harvard Health Publishing, kamu disebut mengalami demam tinggi bila mengalami kondisi suhu tubuh lebih tinggi dari 37,2°C di pagi hari, atau lebih tinggi dari 37,8°C di sepanjang hari.

Umumnya, demam merupakan respons tubuh atau gejala terhadap penyakit. Suhu tubuh yang meningkat atau demam sebenarnya merupakan salah satu cara sistem kekebalan tubuh manusia untuk memerangi infeksi.

Demam sering kali sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meredakan demam dan mengatasi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Sembelit hingga Anemia

Melansir dari Alodokter, ada beberapa cara menurunkan demam tinggi yang dapat kamu coba lakukan, di antaranya:

1.Konsumsi Banyak Air Putih

Ketika mengalami demam, tubuh lebih berisiko mengalami dehidrasi. Untuk mencegahnya, kamu perlu memperbanyak konsumsi air putih. Selain mengonsumsi air putih, dehidrasi juga dapat dicegah dengan mengonsumsi sup hangat atau jus buah segar.

2.Konsumsi Obat Penurun Demam

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x