3 Alat Musik Tradisional yang Perlu Diketahui dan Coba Dipelajari

- 12 Mei 2022, 11:03 WIB
Ilustrasi angklung.
Ilustrasi angklung. /triyugowicaksono/Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Biasanya alat musik tradisional digunakan oleh orang-orang di beberapa daerah untuk menyambut hari besar ataupun acara khusus. Sehingga adanya alat musik tersebut biasanya juga akan ada cerita sejarah dengan adanya alat musik tersebut.

Maka dari itu, sebagai orang Indonesia, perlu juga untuk mengetahui beberapa jenis alat musik tradisi yang memang cukup banyak. Dan jika memungkinkan tidak ada salahnya untuk mempelajari cara memainkannya.

3 Alat Musik Tradisional Khas Beberapa Daerah di Indonesia

Accordion

Salah satu alat musik yang berasal dari daerah Sumatera Selatan yang memiliki jenis bunyinya yakni aerofon. Dan bunyi yang dihasilkan dari alat musik ini berasal dari hembusan nafas dari orang yang memainkannya.

Untuk menggunakan alat musik yang satu ini bisa dengan cara ditiup dan juga diiringi dengan memegang kedua tangan yang ditujukan untuk mengatur dari nada yang dihasilkan. Sehingga hasil dari nada tersebut akan menjadi alunan nada yang merdu.

Baca Juga: Arti dari Mitos Kedutan Mata Kanan Atas

Angklung

Alat musik yang kedua adalah Angklung, salah satu alat musik tradisi yang berasal dari daerah Jawa Barat. Dan saat ini alat musik Angklung sudah banyak dikenal sampai dengan mancanegara dengan berbagai macam teknologi dan kemajuan yang dipadukan dengan Angklung.

Untuk jenis bunyi dari Angklung sendiri yakni Ideofon yang berarti bahwa bunyi yang dikeluarkan merupakan berasa dari bahan dasar alat musik tersebut. Dan untuk cara memainkannya juga cukup mudah, dengan cara memegang alat musiknya dan menggunakannya.

Aramba

Alat musik yang terakhir adalah Aramba, salah satu alat musik yang berasal dari Pulau Nias yang ada di daerah Sumatera Utara. Tentunya alat musik ini merupakan alat musik yang cukup unik juga dan memang cukup mudah juga untuk dipelajari.

Baca Juga: Red Velvet dan NCT DREAM Akan Tampil di Istora Senayan, Begini Cara Beli Tiketnya!

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x