Bu Tejo Viral di Twitter, Intip Fakta Film Tilik yang Masuk Nominasi Internasional

- 20 Agustus 2020, 14:45 WIB
Adegan Bu Tejo dan ibu-ibu lain di Film Tilik garapan Ravacana Films bersama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 2018 silam,
Adegan Bu Tejo dan ibu-ibu lain di Film Tilik garapan Ravacana Films bersama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 2018 silam, /Youtube /Ravacana Films

 

JAKSELNEWS.COM - Film Tilik merupakan film yang diproduksi pada tahun 2018, namun viral setelah dirilis bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2020.

Film tersebut viral akibat sosok Bu Tejo dinilai sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat.

Selain itu, kebiasaan ibu-ibu suka bergosip juga menjadi hal yang disorot dalam film ini.

Film bersurasi 32 menit tersebut menceritakan tentang rombongan ibu-ibu yang hendak pergi menjenguk Bu Lurah di rumah sakit dengan menggunakan mobil truk.

Selama melakukan perjalanan, ibu-ibu tersebut saling berbagi gossip satu sama lain.

Bu Tejo disorot karena ia menjadi orang yang paling banyak menyebar gossip, terutama ketika membicarakan anaknya Bu Lurah, yaitu Fikri.

Dilansir Jakselnews dari artikel Jakbarnews.com berjudul ‘Jadi Viral di Twitter Gegara Bu Tejo, Inilah Fakta Film Tilik, Pernah Masuk Nominasi Internasional’, berikut fakta Film Pendek Tilik yang perlu anda ketahui:

  1. Diproduksi tahun 2018 dan dirilis bertepatan dengan HUT RI Ke-75
    Film Tilik diproduksi oleh Ravacana Films yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY pada tahun 2018. Meski sudah 2 tahun diproduksi, film ini baru dirilis pada tahun 2020 bertepatan dengan HUT RI Ke-75.

  2. Diperankan Aktor/Aktris Lokal
    Film yang disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo tersebut tidak menggandeng para aktor/aktris terkenal Indonesia. Ia menggandeng aktor lokal untuk memerankan karakter di film tersebut. Diantaranya yaitu ada Siti Fauziah, Brilliana Desy (Yu Ning), Angeline Rizky (Bu Tri), Dyan Mulani (Yu Sam), Lully Syahkisrani (Dian), Hardiansyah Yoga Oratama, Tri Sudarsono, Gotrek, Ratna Indriastuti, dan Stephanus Wahyu Gumel.

  3. Masuk Nominasi Internasional
    Film Tilik ternyata pernah menjadi official selection di 2 festival film internasional, yaitu di Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018 dan selanjutnya masuk di World Cinema Amsterdam 2019.

  4. Menangkan penghargaan nasional
    Selain pernah masuk kedalam nominasi dalam festival film internasiona, Film Tilik pernah memenangkan salah satu ajang penghargaan bergengsi di Indonesia, Piala Maya tahun 2018 untuk kategori Film Pendek terpilih.

  5. Memiliki Sinopsis: niat menjenguk malah bergosip
    Kata ‘Tilik’ dalam bahasa jawa artinya adalah ‘menjenguk’. Inti dari cerita ini yaitu ketika dalam perjalanan, ditengah-tengah perjalanan muncul pembicaraan tentang seorang wanita bernama Dian. 

Dian merupakan wanita yang dinilai memiliki kecantikan yang mampu menyihir para laki-laki.

Sehingga banyak ibu-ibu yang berspekulasi bahwa Dian merupakan ‘perempuan nakal’.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Jakbarnews.com


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x