Anda Penerima Kartu Prakerja? Persiapkan Hal-hal Berikut Sebelum Mengikuti Pelatihan

- 12 Oktober 2020, 12:10 WIB
Kartu Prakerja.
Kartu Prakerja. /Instagram/@prakerja.go.id/

JAKSELNEWS.COM - Di tengah masa pandemi Covid-19, Pemerintah mencoba menghadirkan berbagai solusi demi kesejahteraan masyarakat, baik dari segi ekonomi maupun kesehatan. Salah satu program Pemerintah selain bantuan sosial bagi masyarakat yaitu program Kartu Prakerja. 

Program Kartu Prakerja sendiri merupakan program yang ditujukan bagi pencari kerja, pekerja/buruh yang di-PHK, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. 

Program ini akan memberikan dana yang diharapkan dapat meringankan beban mereka yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, terutama di tengah persaingan dunia kerja yang ketat. 

Melalui situs web prakerja.co.id, Anda juga dapat mengetahui tentang posisi pekerjaan apa yang paling dicari pada tahun, bulan, dan lokasi tertentu yang dapat Anda pilih. Tentunya, ini akan mempermudah Anda dalam memutuskan pelatihan atau program pengembangan apa yang perlu Anda ikuti untuk menjadi angkatan kerja yang potensial bagi perusahaan. 

Penerima bantuan Kartu Prakerja akan mendapatkan total dana sebesar Rp 3.550.000,00 yang dapat dialokasikan untuk pelatihan, insentif pasca-pelatihan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan untuk tiga kali survei.  

Seperti yang terlhat dari situs prakerja.go.id, tren pekerjaan yang paling dicari selama bulan September 2020 di Jakarta yaitu penjualan ritel, IT-perangkat lunak, akuntansi umum/pembiayaan, pemasaran/pengembangan bisnis, penjualan-korporasi, personalia, IT-jaringan/sistem/sistem database, perbankan/keuangan, proses desain dan kontrol, serta staf/administrasi umum. Nah, dari sekian banyak tren pekerjaan selama bulan September 2020 di Jakarta, yang mana yang paling Anda minati? 

Jika Anda merupakan salah satu penerima Kartu Prakerja, tentunya Anda ingin mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan bidang kerja yang Anda minati untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas Anda dibanding pencari kerja lainnya. Lalu, apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum mengikuti pelatihan kompetensi? 

1. Mengenali tren rekrutmen dan kesesuaian dengan minat

Anda tentunya perlu mengenali tren rekrutmen di wilayah Anda. Nah, setelah mengetahui 10 tren pekerjaan yang paling dicari, tentukan pekerjaan apa yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. 

Misalnya, Anda berminat untuk mengambil pekerjaan di bidang pemasaran/pengembangan bisnis di Jakarta. Anda harus mencari tahu lebih banyak tentang bidang pekerjaan ini, misalnya kualitas apa saja yang dibutuhkan dan karakter seperti apa yang dibutuhkan agar dapat bekerja secara maksimal dan efektif di bidang ini. 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah