Berikut Ini 4 Jenis Tumbuhan Rumahan yang Bisa Dijadikan Bahan Makanan

- 6 November 2020, 23:40 WIB
Kolase Tanaman Hias Juliet Rose dan Shenze Nongke Orchid
Kolase Tanaman Hias Juliet Rose dan Shenze Nongke Orchid /Davidaustinrose.com

JAKSEKNEWS.COM – Di masa pandemi covid – 19 masyarakat mulai terbiasa untuk melakukan sebagian besar aktivitasnya di rumah dengan tujuan untuk mengurangi terjadinya penyebaran virus covid – 19. Hal inilah yang biasa disebut sebagai kegiatan work from home, dan selama kegiatan work from home inilah beberapa orang memilih untuk menghilangkan kebosanan dengan mulai rajin menanam tumbuhan rumahan atau tanaman hias. Selain bisa menyejukkan udara, tanaman hias juga berfungsi untuk menyegarkan pikiran dari rasa stress dan jenuh. Selain itu, ada juga beberapa tanaman hias yang bisa dikonsumsi dan dijadikan sebagai bahan makanan sehari – hari.

Berikut ini ada 4 jenis tumbuhan rumahan yang bisa dijadikan sebagai bahan makanan :

 

1.  Cabe

Salah satu jenis tumbuhan rumahan yang bisa dikonsumsi adalah cabe. Cabe umumnya dijadikan sebagai bumbu dasar dalam sebuah makanan seperti ayam bakar, ikan bakar, dan lain sebagainya. Bagi orang indonesia makanan tanpa rasa pedas cabe akan terasa sedikit hambar. Maka tak ayal jika cabe termasuk dalam kategori tumbuhan yang sangat penting dan berguna bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Cara menanam tumbuhan cabe cukup mudah, anda cukup dengan memilih lokasi penanaman yang cukup strategis dan cocok untuk dijadikan media penanaman tumbuhan cabe. Lalu pilihlah biji cabe yang berkualitas dan mulai disemai hingga biji cabai berkecambah, dan terakhir pindahkan ke dalam pot dan mulai beri pupuk dan rutin menyiramnya dengan air agar tumbuhan cabe dapat berkembang dengan subur.

 

2.      Daun mint

Selanjutnya ada juga tumbuhan daun mint, yang mana daun mint berfungsi untuk mendetoks tubuh dari racun. Umumnya daun mint dikonsumsi dengan menjadikannya sebagai minuman herbal yang dicampurkan dengan lemon maupun madu. Cara menanam tumbuhan daun mint cukup mudah, anda cukup menyemai bibit daun mint ke tanah yang gembur, lalu biarkan beberapa hari hingga bibit berubah menjadi tunas, dan mulai pindahkan ke dalam media pot. Lalu mulai rutin memberikan siraman air dan taruh di tempat yang hangat dan terkena sinar matahari.

 

3.      Seledri

Selain itu daun seledri juga termasuk dalam kategori tanaman hias yang bisa dijadikan bahan makanan. Bahkan daun seledri sendiri dapat dijadikan sebagai minuman jus yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan melancarkan sistem pencernaan. Cara merawat tanaman daun seledri cukup mudah yaitu dengan rutin menyiramnya sebanyak 3 kali selama seminggu dan selalu beri pupuk dan menyemprotkan anti hama agar tumbuhan seledri dapat tumbuh dengan subur.

 

4.      Selada

Tumbuhan hias yang bisa dimakan terakhir adalah daun selada. Daun selada merupakan salah satu jenis tumbuhan yang juga biasa dijadikan sebagai salah satu makanan sehari – hari, seperti dijadikan sayur atau bahan pelengkap untuk lalapan. Cara merawat tanaman selada juga cukup mudah, yaitu hanya dengan rutin menyiramnya dan memberikan pupuk yang cukup. Selain itu, usahakan untuk memilih tanah yang mengandung ph sebesar 6,8 dan juga jangan lupa untuk selalu letakkan tanaman selada ke tempat yang hangat dan mudah mendapatkan akses cahaya matahari.***

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x