4 Manfaat Tumbuhan Putri Malu Bagi Kesehatan Tubuh

- 7 November 2020, 00:30 WIB
Tumbuhan putri malu.
Tumbuhan putri malu. /Green and Vibrant

JAKSELNEWS.COM – Tumbuhan putri malu merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sudah sangat familiar bagi sebagian besar orang, terutama para pecinta tumbuhan. Hal ini dikarenakan eksistensi tumbuhan putri malu sangat mudah untuk ditemukan, seperti di daerah persawahan, hingga di perkebunan yang notabene memiliki banyak semak belukar.

Meski tergolong tumbuhan yang berkembang secara liar, tumbuhan ini nyatanya memiliki manfaat tersendiri bagi manusia.

Berikut ini ada 4 manfaat tumbuhan putri malu bagi kesehatan tubuh :

 

1.  Mengurangi insomnia

Tumbuhan putri malu ternyata dapat membantu mengurangi insomnia, hal ini dikarenakan tumbuhan putri mengandung zat antidepresan yang membuat pikiran menjadi lebih rileks. Semakin tenang isi pikiran maka akan semakin mudah untuk cepat tidur terlelap. Cara membuat ramuannya cukup mudah, yaitu dengan merebusnya dengan air hangat lalu diminum sebelum waktu tidur.

 

2.      Mengobati masalah pernafasan

Selain bisa mengurangi insomnia, tanaman putri malu juga berfungsi untuk mengobati masalah pernafasan seperti batuk dan flu. Cara meramunya cukup mudah, yaitu dengan merebus tanaman putri malu sebanyak 15 gram dengan air panas lalu dinginkan dan minum. Lakukan hal ini setiap hari hingga batuk dan flu mulai menghilang.

 

3.      Mengobati luka

Daun dari tanaman putri malu juga bisa menyembuhkan luka berdarah. Hal ini dikarenakan daun tanaman putri malu mengandung zat fenol yang berfungsi untuk membasmi bakteri yang ada pada luka basah, sehingga nantinya membuat luka menjadi lebih cepat kering dan tidak terinfeksi bakteri. Maka jika anda mengalami luka bakar atau luka berdarah, sangat disarankan untuk memanfaatkan daun putri malu sebagai obatnya.

 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x