Hari Toleransi Internasional Diperingati Hari Ini, Berikut 4 Cara Melawan Sikap Intoleran

- 16 November 2020, 20:41 WIB
Ilustrasi Hari Toleransi Internasional
Ilustrasi Hari Toleransi Internasional /Pixabay/Gerd Altmann

JAKSELNEWS.COM – Hari ini tepat pada tanggal 16 November adalah sebuah peringatan untuk Hari Toleransi Internasional.

Hari Toleransi Internasional sendiri merupakan sebuah hari untuk memperingati bahwa nilai toleransi sangatlah penting untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari – hari. Sebab, pada umumnya anda akan selalu bertemu dengan banyak orang dengan background dan culture yang berbeda – beda, sehingga dibutuhkan nilai dan sikap toleransi dalam menghadapi perbedaan tersebut.

Hari Toleransi Internasional sendiri sebelumnya diciptakan pada tahun 1996 yang mana merupakan bagian dari United Nations Year for Tolerance yang dibentuk pada tahun 1995. Peringatan Toleransi Internasional ini juga diresmikan oleh beberapa negara yang merupakan bagian dari Perserikatan Bangsa – Bangsa serta Scientific and Cultural Organization. Dan tujuan dibentuknya Hari Toleransi Internasional yaitu untuk mengajak masyarakat dunia agar lebih aware dalam menerima perbedaan dan bisa bersikap toleransi terhadap nilai – nilai perbedaan yang ada tanpa harus bersikap intoleran.

Sebab, sikap intoleran dapat menciptakan konflik serta permusuhan antara satu dengan lainnya yang mana bisa merusak nilai hak asasi manusia masing – masing.

Berikut ini ada 4 cara dalam melawan sikap intoleran :

1.      Berpikir kritis

Salah satu cara untuk melawan sikap intoleran yaiu dengan berpikir kritis. Berpikir kritis di sini berlaku dalam menghadapi provokasi atau suatu komentar rasis dan intoleran yang ada di hadapan anda. Hal ini dilakukan agar anda bisa menfilter informasi dengan baik dan berpikir secara lebih kritis dalam menerima pesan yang bersifat intoleran tersebut, dengan tujuan agar anda tidak mudah tersusupi nilai – nilai intoleran yang membuat anda menjadi seseorang berpikiran sempit.

 

2.      Menerima perbedaan

Cara selanjutnya untuk melawan sikap intoleran yaitu dengan belajar menerima perbedaan yang ada di sekeliling anda. Hal ini dilakukan agar anda bisa menjadi lebih familiar dan santai dalam menghadapi segala perbedaan, sehingga tidak ada sikap intoleran. Salah satu cara menerima perbedaan yaitu dengan memperluas jaringan pertemanan, bertemu dengan orang – orang yang memiliki culture dan background yang berbeda, serta lebih banyak berdiskusi mengenai nilai – nilai multikultural, agar anda bisa dengan mudah menerima segala perbedaan di lingkungan sekitar.

 

3.      Perbanyak literasi

Dan salah satu cara agar lebih mudah terhindar dari sikap intoleran yaitu dengan memperbanyak literasi. Hal ini sangat penting, sebab semakin banyak jurnal dan buku yang anda baca, maka wawasan anda akan menjadi lebih luas. Sehingga, anda akan memiliki banyak perspektif dan pemikiran dalam menghadapi suatu komentar intoleran atau bertemu dengan sesuatu yang baru atau berbeda dengan culture dan background anda.Maka dengan begitu, anda tidak akan mudah tersusupi oleh hal – hal yang berbau rasis dan intoleran.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x