Ahli Bahasa Temukan Karakter Wanita dalam Film Disney Sedikit Bicara, Apa Alasannya?

- 19 Oktober 2020, 18:58 WIB
ILUSTRASI Disney.*
ILUSTRASI Disney.* //Pexels/ Craig Adderley

JAKSELNEWS.COM – Disney diketahui banyak menciptakan karakter wanita seperti karakter putri dalam film animasi yang diproduksi.

Akan tetapi, dua orang ahli bahasa, Carmen Fought dan Karen Eisenhauer, menemukan bahwa karakter wanita berbicara lebih sedikit dari para karakter pria dalam film animasi putri Disney modern.

Fought dan Eisenheuer menemukan hal tersebut setelah melakukan identifikasi dua film Disney, yaitu “Cinderella” dan “The Little Mermaid”.

Dalam penelitian yang dilakukan keduanya, mereka menemukan bahwa karakter wanita berbicara sebanyak atau lebih dari krakter pria dalam film animasi Disney pada masa awal Disney menciptakan karakter wanita tersebut, seperti dalam film “Snow White” keluaran 1937, “Cinderella” keluaran tahun 1950, dan “Sleeping Beauty” keluaran 1959.

Sementara itu, karakter pria Disney berbicara sebanyak 68% dalam film “The Little Mermaid” yang dirilis pada tahun 1989, 71% dalam film “Beauty and the Beast” yang dirilis pada tahun 1991, 90% dalam film “Aladdin” yang dirilis pada 1992, 76% dalam film “Pocahontas” yang dirilis pada tahun 1995, dan 77% dalam film “Mulan” yang dirilis pada tahun 1998.

Padahal seperti diketahui, fokus cerita pada film tersebut lebih banyak menampilkan karakter utama wanita.

“Ada seorang putri terasing lalu mencari seseorang yang bisa menikahinya dan setelah itu karakter wanita tidak melakukan hal lain,” ujar Fought seperti dikutip Jakselnews.com dari artikel Pikiran Rakyat Pangandaran berjudul Ahli Bahasa Bongkar Alasan Karakter Wanita di Film Disney Sedikit Bicara Dibandingkan Tokoh Pria.

“Tidak ada wanita yang memimpin warga kota untuk melawan Beast, tidak ada wanita yang berkumpul di bar menyanyi bersama dan minum, wanita memberikan perintah, atau wanita menciptakan sesuatu. Semua karakter wanita hanya untuk menemukan suami di film,” lanjutnya.

Sementara itu, mereka juga menemukan bahwa film Disney keluaran terbaru telah membuat banyak perubahan untuk karakter wanita yang berbicara lebih banyak, seperti dalam film “Tangled” sebanyak 52%, film “Brave” sebanyak 74%, dan film “Frozen” sebanyak 59% jika dibandingkan dengan karakter pria.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: PR Pangandaran


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x