Sinovac Sebut Vaksinnya Aman Untuk Bayi dan Remaja

- 23 Maret 2021, 13:15 WIB
Ilustrasi Vaksin COVID-19 AstraZeneca. Klarifikasi Juru Bicara Kementerian Kesehatan terkait dengan isu kadaluarsa vaksin Sinovac dan AstraZeneca yang berbahaya.*
Ilustrasi Vaksin COVID-19 AstraZeneca. Klarifikasi Juru Bicara Kementerian Kesehatan terkait dengan isu kadaluarsa vaksin Sinovac dan AstraZeneca yang berbahaya.* /Twitter/@Reuters/

JAKSELNEWS.COM - Produsen farmasi asal China Sinovac menyebut bahwa vaksin Covid-19 buatan perusahaan mereka aman digunakan untuk bayi berusia 3 tahun hingga remaja berusia 17 tahun.

Drektur Medis Sinovac Zeng Gang, pada Senin, 23 Maret 2021, mengeluarkan pernyataan tersebut setelah hasil uji klinis tahap I dan tahap II pada bayi dan remaja keluar.

Zeng menyatakan bahwa Vaksin Sinovac merupakan vaksin pertama yang diuji coba pada bayi dan remaja.

Baca Juga: Alami Penurunan, Cek Harga Emas di Pegadaian dan Logam Mulia pada Selasa, 23 Maret 2021

Zeng menjelaskan bahwa berdasarkan hasil uji klinis tahap I pada vaksin Sinovac secara umum aman untuk 72 remaja dan pada tahap II aman untuk 480 remaja.

Dalam uji klinis tersebut, ditemukan efek samping sebesar 23,7 hingga 29 persen dengan gejala ringan. Sedangkan itu ditemukan dua anak berusia tiga tahun dan enam tahun dilaporkan mengalami demam setelah diberikan vaksin Sinovac.

Kelompok umur yang diberi vaksin dengan dosis berbeda dalam uji kontrol itu semuanya memperoleh kekebalan yang memenuhi syarat.

Baca Juga: Pentingnya Mencuci Wajah Secara Teratur Meski di Rumah Aja

"Namun berapa dosis yang harus digunakan untuk menyuntik kelompok usia yang berbeda itu masih dalam tahap pembahasan," kata Zeng.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x