Peringati Persahabatan Indonesia dan Vietnam 65 Tahun, Inilah Logo Barunya

- 19 Agustus 2020, 14:35 WIB
Logo Baru Vietnam-Indonesia
Logo Baru Vietnam-Indonesia /ANTARA

JAKSELNEWS.COM - Indonesia dan Vietnam sudah bersahabat sejak tahun 1955, tahun ini ialah tahun dimana keduanya memperingati persahabatannya selama 65 tahun. Logo baru ini akan digunakan untuk seluruh kegiatan kedutaan dan kekonsuleran antara kedua negara dalam hubungan diplomatik yang pada 30 Desember 2020 adalah puncak dari acara tersebut.

Logo baru ini adalah hasil dari sayembara selama satu bulan dengan lebih dari 200 peserta yang mengikuti dan 772 karya dari para desainer di Indonesia dan Vietnam. Kedutaan Besar Vietnam saat upacara pengumuman pemenang di Jakarta mengatakan, bahwa karya yang akan dipilih atau menang akan menjadi logo resmi perayaan 65 tahun antara Indonesia dan Vietnam.

Dari semua yang telah mengikuti untuk membuat logo perayaan 65 tahun ini, ada lima desain yang lolos menjadi urutan teratas untuk kembali dibicarakan lebih lanjut secara bersama logo siapa yang akan ditetapkan menjadi logo resmi dari acara ini. 

Setelah kembali dibicarakan, Tran Hoai Duc seorang desainer grafis asal Vietnam inilah yang logonya terpilih untuk menjadi logo resmi dari perayaan ini. Logo buatan Tran menampilkan burung nasional Indonesia yaitu garuda dan burung nasional Vietnam Chim Lac yang membentuk angka 65 dengan bendera dua negara di sisi sebelah kanan. 

“Saya menggunakan gambar dua burung legendaris yang mewakili dua negara, dan burung tersebut dibentuk menyerupai angka 65 pada bagian ekornya, serta di bagian kanan, ada bendera dua negara yang menjadi simbol ikatan persahabatan yang kuat antar dua negara” Kata Tran saat menjelaskan pesan dibalik karyanya dilansir Jakselnews.com dari antaranews.com pada artikel Indonesia, Vietnam gunakan logo baru peringati persahabatan 65 tahun.

Duta Besar Vietnam untuk Indonesia, Pham Vinh Quang menyampaikan, sayembara yang diadakannya itu ada bentuk dari kerja sama antarmasyarakat dari Indonesia dengan Vietnam. Dirinya juga berharap kerja sama Vietnam dengan Indonesia bisa terus menguat. Mengingat tantangan yang dihadapi saat masa pandemi Covid-19 ini seperti perang dagang, Indonesia dan Vietnam bisa bersama-sama menghadapinya. 

“Vietnam dan Indonesia harus bekerja sama, memanfaatkan peluang yang ada dan meningkatkan hubungan antarnegara demi memelihara perdamaian, stabilitas dan kemajuan peradaban” kata Dubes Pham dilansir oleh Jakselnews.com dari antaranews.com.

Kedutaan besar Vietnam Jakarta dan KBRI Hanoi, memberikan empat hadiah liburan kepada ke empat finalis yang karyanya belum terpilih untuk menjadi logo persahabatan antara dua negara ini dan dua diantaranya adalah warga Indonesia.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x