Covid-19 Belum Usai, Korea Selatan Kini Hadapi Serangan Flu Burung

- 27 Oktober 2020, 08:11 WIB
PETUGAS kesehatan memeriksa unggas sebagai langkah antisipasi flu burung.*
PETUGAS kesehatan memeriksa unggas sebagai langkah antisipasi flu burung.* /

JAKSELNEWS.COM - Korea Selatan menjadi salah satu negara yang juga tengah berjuang melawan pandemi virus corona. Namun Otoritas kesehatan negara Kpop tersebut justru menemukan virus H5N8 atau flu burung di kawasan Cheonan.

Kota yang berjarak sekitar 92 kilometer dari Seoul tersebut berhasil dideteksi adanya flu burung sebelum menyebar terlalu luas. Strain virus diambil dari sampel kotoran burung liar yang ada disana.

Mengutip laman Yonhap Selasa (27/10) penemuan virus ini merupakan yang pertama kali dalam 32 bulan terakhir. Pemerintah setempat berusaha cepat dengan mengamankan peredaran unggas di kawasan yang terpapar. Diketahui virus ini cukup menular dan dapat menimbulkan kematian.

Sementara itu pemerintah Korea telah menetapkan travel ban kepada masyarakat yang tinggal di radius 500 meter dari lokasi penemuan awal virus tersebut. Kegiatan jual beli unggas juga sementara waktu dihentikan.

"Situasi saat ini cukup rentan, kami semua meminta peternakan tetap waspada. Karena penyebaran flu burung cukup cepat," ujar Kementerian Pertanian, Makanan dan Pedesaan Korea Selatan dalam keterangan resminya.

Korea Selatan saat ini juga masih terus berupaya memerangi Covid-19. Kasus positif di Seoul masih terjadi naik turun. Secara keseluruhan kasus Covid-19 di Korea Selatan mencapai 25.955 orang. ***

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x