Hitungan Hari Jelang Pilpres AS, Bagaimana Perolehan Suara Biden dan Trump?

- 30 Oktober 2020, 10:14 WIB
Donald Trump dan Joe Biden
Donald Trump dan Joe Biden /Antara

JAKSELNEWS.COM - Hanya dalam hitungan hari, rakyat Amerika Serikat (AS) akan merayakan pesta demokrasi yakni Pemilihan Presiden 2020. Pilpres AS 2020 akan dihelat pada 3 November mendatang.

Polling terbaru menyatakan Joe Biden masih dinyatakan unggul. Perolehan suaranya mencapai 54 persen. Sementara untuk Donald Trump masih jauh tertinggal

Mengutip laman CNN Jumat (30/10), sebanyak 64 persen warga AS sudah memberikan suara mereka pada Pilpres kali ini. Para pencoblos tersebut lebih banyak memilih Joe Biden, dan Donald Trump hanya 34 persennya.

Namun di kalangan warga yang ingin memilih pada hari H, sekitar 59 persen adalah pendukung Donald Trump. Dipantau beberapa lembaga survei di AS, Donald Trump tidak cukup populer di berbagai kalangan. Hal berbeda justru terjadi pada rivalnya Joe Biden.

Banyak pemilih wanita yang memberikan dukungannya kepada mantan Wakil Presiden era Barack Obama tersebut. Sementara di kaum pria, mereka hanya selisih satu persen saja. Dukungan ke capres dari Partai Demokrat dari warga minoritas mencapai 71 persen, sementara sisanya mendukung Trump hanya 24 persen.

Survey yang dilakukan juga melihat latar belakang para pemilih. Mereka dengan gelar sarjana, cenderung memilih Joe Biden ketimbang Trump. Sementara non sarjana hasilnya seimbang. Secara keseluruhan 55 persen responden berusia di atas 65 tahun menjatuhkan pilihan kepada Joe Biden. Sementara Donald Trump hanya mendapatkan 44 persen saja.

Meski Joe Biden saat ini berusia 78 tahun, namun di kalangan anak muda dia tetap unggul ketimbang Trump. Meski demikian Trump tercatat unggul dalam debat membahas soal perekonomian namun kalah di isu ras serta penanganan virus corona. ***

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x