Program Kampung Tangguh Jaya Berhasil Mengurangi Angka Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Selatan

- 4 Maret 2021, 11:13 WIB
Kegiatan vaksinasi Lansia di Jakarta Selatan pada Rabu, 3 Maret 2021
Kegiatan vaksinasi Lansia di Jakarta Selatan pada Rabu, 3 Maret 2021 /Pemkot Jaksel/ Twitter @KotaJaksel/Twitter.com / @KotaJaksel

JAKSELNEWS.COM - Program Kampung Tangguh Jaya (KTJ) yang dilaksanakan berbagai daerah di DKI Jakarta dinilai cukup efektif menekan angka kasus positif Covid-19. Salah satu wilayah yang berhasil menekan angka kasus positif Covid-19 berkat program ini yaitu Jakarta Selatan. 

Dilaksanakannya KTJ yang berkolaborasi dengan warga untuk menangani Covid-19 tampaknya berhasil menurunkan sekitar 3.000 kasus positif Covid-19 di Jakarta Selatan. Tentunya, hal ini tidak lepas dari kerjasama pihak Kepolisian dan warga yang mengusahakan penyediaan ruang isolasi mandiri hingga penjualan sembako murah bagi warga terdampak dan terpapar Covid-19.

Selain menyediakan ruang isolasi mandiri dan fasilitas utama bagi warga, petugas KTJ juga berperan melakukan Tracing, Testing, Treatment (3T) serta memantau perkembangan pasien positif Covid-19 selama isolasi mandiri. Lele dan sayuran hidroponik juga turut disediakan bagi warga terdampak dan terpapar Covid-19

Baca Juga: Darurat! Yuk Lakukan 4 Langkah Mengelola Sampah demi Lingkungan Kita

Upaya yang dilakukan Kepolisian dalam KTJ misalnya melakukan langkah persuasif dengan menyesuaikan kondisi wilayah, terutama mendorong disiplin penerapan protokol kesehatan. Setelah program KTJ, tidak ada angka konfirmasi positif Covid-19 di beberapa wilayah Jakarta Selatan.

Kasus positif Covid-19 tidak lagi ditemukan di Kelurahan Petukangan, Cipete Utara, Selong, Senayan, dan Setiabudi.  Wilayah Kalibata pun kini berstatus zona kuning dari yang sebelumnya termasuk zona merah. 

Sementara itu, sebanyak 189.000 lansia di Jakarta Selatan telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama dalam satu bulan belakangan. Pemerintah Kota Jakarta Selatan telah menyiapkan 10 titik untuk setiap 250 lansia di wilayah Jakarta Selatan. 

Baca Juga: Pemerintah Inggris berencana beri Vaksin Covid-19 di Malam Hari saat Bulan Ramadhan

Selain vaksinasi untuk lansia, sebanyak 1.356 personel polisi di Polres Jakarta Selatan juga telah melaksanakan vaksinasi dosis pertama. Setiap hari terdapat 150-200 personel yang akan menerima vaksin Covid-19.*** 

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x