Darurat! Yuk Lakukan 4 Langkah Mengelola Sampah demi Lingkungan Kita

- 4 Maret 2021, 08:00 WIB
Salah satu cara mengelola sampah yang dapat diterapkan masyarakat yaitu dengan memilah sampah dan mengelola Bank Sampah/MEDIA PAKUAN
Salah satu cara mengelola sampah yang dapat diterapkan masyarakat yaitu dengan memilah sampah dan mengelola Bank Sampah/MEDIA PAKUAN /Hanif Nasution /

JAKSELNEWS.COM –  Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Februari 2019, merilis bahwa saat ini Indonesia menghasilkan sedikitnya 64 juta ton timbunan sampah setiap tahunnya. Pada Agustus 2020, baru sekitar 11,83 persen sampah plastik di area perkotaan Pulau Jawa yang berhasil dikumpulkan dan didaur ulang.

Jika ingin mengelola sampah dengan baik pada tahun 2025, Indonesia perlu meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah. Bayangkan jika sampah tidak dikelola dengan baik, Anda mungkin akan tinggal dan selalu melihat sampah dimana-mana. Yuk coba lakukan empat langkah berikut untuk mengelola sampah.

1. Memilah Sampah di Rumah

Saat ini kesadaran masyarakat dalam memilah sampah masih sebesar 11 persen saja. Pengelolaan sampah di Indonesia juga belum berjalan maksimal karena kualitas sampah dari rumah yang tercampur dan kotor sehingga sulit di daur ulang.

Anda dapat mulai membiasakan diri dan keluarga untuk memilah sampah di rumah. Anda dapat membat sendiri tempat sampah versi Anda dengan cat berwarna terang agar memudahkan Anda dan anak-anak untuk mengingat kategori sampah yang perlu dibuang di tempat itu.

Baca Juga: Yogyakarta Diguyur Hujan Es, Ini Penjelasan BMKG

Misalnya membuang sampah kertas pada tempat sampah berwarna biru, sampah botol dan plastik pada tempat sampah berwarna kuning, dan sampah organik pada tempat sampah berwarna hijau. Dengan memilah sampah di rumah, Anda sudah melakukan langkah kecil untuk mengelola sampah dengan lebih baik.

2. Mengolah Sampah Organik menjadi Pupuk Kompos

Sampah organik yang ada di rumah Anda, misalnya daun kering, ranting, atau sampah dapur ternyata dapat diolah menjadi pupuk kompos. Sampah organik merupakan sampah yang dapat mudah terurai oleh tanah.

Kumpulkan sampah organik Anda, potong daun, ranting, atau rumput hingga berukuran kecil.  Anda juga perlu menyiapkan pupuk kandang, larutan gula dan EM4, tanah, air, dan wadah penampungan dengan tutup.

Baca Juga: Lagu Terbaru iKON Why Why Why untuk B.I, Ini Buktinya

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x