Simak 4 Fakta Menarik Kecamatan di Jakarta Selatan

- 18 Februari 2022, 10:30 WIB
Kota Jakarta Selatan
Kota Jakarta Selatan /selatan.jakarta.go.id

JAKSELNEWS.COM - Jakarta Selatan merupakan salah satu kota administrasi DKI Jakarta yang berbatasan dengan Jakarta Barat dan Jakarta Pusat di sebelah Utara serta berbatasan dengan kota Depok di sebelah Selatan serta kota Tangerang dan Tangerang Selatan di sebelah Barat. 

Kota Jakarta Selatan menjadi salah satu kota dengan tempat hangout yang tidak sedikit. Sebut saja Kemang, Tebet, Blok M dan Kuningan yang menjadi favoritnya anak-anak muda di Jakarta Selatan.

Kamu bisa menikmati beberapa tempat di Jaksel bersama dengan teman, sahabat bahkan keluarga untuk bersantai bersama menikmati libur akhir pekan.

Selain itu, Jakarta Selatan memiliki 10 kecamatan yaitu Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan, Setiabudi, dan Tebet.

Baca Juga: Dijamin Murah, Ini 10 Rekomendasi Hotel di Jakarta Selatan

Berikut beberapa fakta menarik terkait 10 kecamatan di Jakarta Selatan

Wilayah Paling Luas

Kecamatan Jagakarsa merupakan kecamatan di Jakarta Selatan dengan wilayah paling luas, yaitu seluas 24,87 km persegi. Disusul kecamatan Pasar Minggu yang memiliki luas wilayah 21,69 km persegi dari total luas wilayah Jakarta Selatan yaitu 145,73 km persegi. 

Kecamatan Jagakarsa memiliki enam kelurahan yang awalnya merupakan bagian dari kecamatan Pasar Minggu. Kecamatan Jagakarsa ditetapkan bersama dengan dua kecamatan lainnya di wilayah Jakarta Selatan, yaitu kecamatan Pancoran dan Pesanggrahan. 

Wilayah Padat Penduduk 

Tebet dulunya merupakan kawasan berupa rawa-rawa yang dipenuhi semak belukar. Atas dasar inilah kawasan ini diberi nama Tebet yang berasal dari bahasa Sunda kuno ‘Tebat’ atau ‘Tebet’ yang berarti rawa. Dengan luas wilayah 9,03 km persegi, Tebet menjadi kecamatan Jakarta Selatan dengan penduduk paling padat yaitu dengan jumlah penduduk 211,9 ribu. 

Kecamatan Tebet dibatasi oleh Sungai Ciliwung mulai dari Pintu Air Manggarai di sebelah Utara hingga jembatan Ciliwung. Kecamatan Tebet memiliki total tujuh kelurahan yaitu Bukit Duri, Kebon Baru, Manggarai Selatan, Manggarai, Menteng Dalam, Tebet Barat, serta Tebet Timur. 

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x